Menkeu: Mau Kaya, Jangan jadi PNS

Rabu, 22 Juli 2009 – 15:40 WIB
JAKARTA - Para pejabat di instansi pemerintah jangan pernah berharap jadi kayaSebab, tidak ada ruang bagi pejabat pemerintahan maupun PNS secara umum, untuk mendapatkan uang sebanyak-banyaknya.

"Kalau mau kaya, jangan bekerja di instansi pemerintahan, tapi jadi entrepreneur saja

BACA JUGA: SBY Diminta Ingatkan Jaksa Agung dan Kapolri

Saya sudah mendesain gaji PNS itu standarnya cukup dan tidak berlebih-lebihan
Asal bisa makan, ada biaya transportasi, cukup membiayai pendidikan anak, itu saja," tegas Menteri Keuangan RI, Sri Mulyani.

"Di Depkeu sudah diterapkan

BACA JUGA: Kada Siap-siap Dipermalukan BPK

Bagi PNS yang mau berlebih-lebihan, silakan keluar dari Depkeu," tegas Sri Mulyani pula, saat membawakan materi pada seminar nasional di BPK, Rabu (22/7).

Menkeu juga menyentil soal biaya perjalanan dinas PNS yang berada di unit cost
"Dulunya, biaya perjalanan dinas itu jumlahnya memang kecil

BACA JUGA: Monopoli Haji, Garuda Tetap Merugi

Akibatnya banyak PNS yang melakukan manipulasiMisalnya, tugasnya hanya sehari, tapi dibuat lima hariAlasannya jumlah yang diterima sangat kecil," tuturnya.

Melihat kondisi inilah, lanjut Menkeu, maka ada perubahan kebijakan dengan memasukkan biaya tersebut ke high costNamun, Sri Mulyani mengakui langkah ini tetap ada kelemahannyaPegawai nyatanya tetap melakukan manipulasi, dengan alasan untuk biaya tambahan.

"Nah, kalau mau gaji naik, jangan utak-atik unit cost-nyaSaya sudah paham betul, kalau pegawai itu diberikan kenaikan, maunya tambah lagiSementara kinerjanya begitu-begitu sajaYang begini ini kan harus diubahPemerintah berani bayar tinggi kalau SDM-nya bagus," tegas Menkeu(esy/cha/JPNN)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Anwar Nasution Capek Ceramahi Kada


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler