Menkeu Sri Mulyani Terbang Ke Amerika, Bertemu World Bank, Ada Apa?

Rabu, 20 April 2022 – 07:00 WIB
Menkeu Sri Mulyani Indrawati bakal bertemu Managing Director World Bank Mari Elka Pangestu. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati bakal bertemu Managing Director Bank Dunia Mari Elka Pangestu untuk membahas dukungan World Bank terhadap transisi energi dan Presidensi G20 Indonesia.

Hal itu merupakan awal rangkaian agenda Presidensi G20 Indonesia untuk pertemuan tingkat Menteri Keuangan.

BACA JUGA: Menkeu Sri Mulyani Umumkan THR dan Gaji ke-13 Segera Cair, Catat Tanggalnya!

Sedianya Menkeu Sri Mulyani akan menghadiri Pertemuan Musim Semi IMF-Bank Dunia Tahun 2022 atau IMF-WBG Spring Meetings untuk membahas berbagai isu terkait Presidensi G20 Indonesia hingga transisi energi.

Berdasarkan keterangan resmi Kementerian Keuangan yang diterima di Jakarta, Selasa, pertemuan ini berlangsung mulai 18-23 April 2022 di Washington D.C., Amerika Serikat.

BACA JUGA: Menkeu Sri Mulyani Bilang THR untuk ASN Sudah Siap, Tunggu Kabar Baik Segera!

Pemerintah Indonesia saat ini sedang melakukan Energy Transition Mechanism (ETM) untuk mengurangi emisi CO2 melalui penghentian bertahap pembangkit listrik tenaga batu bara dan mengembangkan energi alternatif terbarukan.

World Bank berkomitmen memberi dukungan atas upaya Pemerintah Indonesia dalam mewujudkan agenda ETM serta mendukung Presidensi G20 Indonesia melalui Side Event dengan tema Country Platform.

BACA JUGA: Menkeu Sri Mulyani Bilang Indonesia Bisa Jadi Contoh Negara-Negara ASEAN, weh!

Selain itu, Sri Mulyani juga bertemu dengan Menteri Keuangan Afrika Selatan Enoch Godongwana membahas mengenai perkembangan ekonomi global serta upaya antisipasi dampak kenaikan inflasi dan harga komoditas dunia.

Afrika turut membahas isu kesehatan global, terutama terkait mekanisme pendanaan baru untuk mengatasi pandemi di masa yang akan datang.

Isu arsitektur keuangan dunia pun tak luput dari pembahasan, khususnya mengenai bantuan penanganan utang negara miskin dan rentan sekaligus isu terkait pendanaan berkelanjutan atau sustainable finance.

Godongwana menyampaikan dukungannya kepada Presidensi G20 Indonesia serta berharap Indonesia berhasil memimpin diskusi dan mencapai target deliverables yang telah ditetapkan meski dalam situasi yang sulit seperti saat ini.

Tak hanya Menteri Keuangan Afrika Selatan, Sri Mulyani juga bertemu Menteri Keuangan India Nirmala Sitharaman untuk membahas tantangan yang dihadapi Indonesia sebagai Presidensi G20 dalam menavigasi berbagai dinamika dalam forum G20.

Nirmala menyampaikan kepercayaan dan keyakinan bahwa Indonesia akan mampu mengelola tantangan tersebut dan berhasil mencapai target deliverables yang telah ditetapkan.

Sebagai bagian dari Troika, India mendukung sepenuhnya Presidensi G20 Indonesia dan berharap kerjasama yang erat untuk melanjutkan agenda Presidensi G20 pada masa Presidensi G20 India tahun 2023. (antara/jpnn)

Jangan Sampai Ketinggalan Video Pilihan Redaksi ini:


Redaktur & Reporter : Elvi Robiatul

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler