Menko Airlangga & Wamendag Jerry ke Pasar Raya, Ada Minyak Goreng Murah

Selasa, 01 Februari 2022 – 20:47 WIB
Menteri Koordinator Perekonomian Airlangga Hartarto dan Wamendag Jerry Sambuaga meninjau pasar murah di Pasar Raya I Salatiga. Foto Humas Kemendag

jpnn.com, SALATIGA - Wamendag Jerry Sambuaga menggandeng Asosiasi Peritel Indonesia (Aprindo) menggelar pasar murah di Pasar Raya I Salatiga.

Kegiatan ini pun ditinjau langsung oleh Menteri Koordinator Perekonomian Airlangga Hartarto.

BACA JUGA: Hore! Minyak Goreng Murah Segera Meluncur ke Ritel Modern, Kapan?

Dalam pasar murah tersebut, minyak goreng dibanderol Rp 14 ribu per liter. Sebanyak 1.420 liter minyak goreng yang disiapkan. 

Menurut Jerry, pasar murah kali ini bertujuan mendorong sinergi semua stakeholder dalam kebijakan soal minyak goreng.

BACA JUGA: Hari Pertama Berlaku HET Baru Rp 11.500, Minyak Goreng Langka, ke Mana?

"Intinya adalah dorongan agar setiap stakeholder bersinergi dan berkolaborasi sehingga seluruh masyarakat diuntungkan," kata Wamendag Jerry dalam pernyataannya, Selasa (1/2).

Beberapa pihak yang didorong dalam kegiatan ini antara lain distributor, peritel dan masyarakat sendiri. Untuk distributor dan peritel diharapkan bisa mendukung suplai minyak goreng dengan kualifikasi dan harga yang dimaksud. 

BACA JUGA: IKAPPI Buka-bukaan soal Kondisi Stok Minyak Goreng di Pasar

Wamendag Jerry mengapresiasi jaringan Aprindo dan distributor pasar rakyat. Mereka menggerakkan seluruh anggota dan sumber daya untuk mendukung pemerintah.

"Saya berterima kasih kepada anggota Aprindo, khususnya yang terlibat dalam acara kali ini yaitu Alfamart, Indomart, ADA Toserba, Superindo, Hypermart, dan lainnya," kata Jerry.

Kepada distributor pasar rakyat Jerry juga memberikan apresiasi. Menurutnya peran mereka penting karena jangkauan pemasaran mereka menjangkau hingga desa-desa dan seluruh wilayah Indonesia. 

"Tidak perlu borong semua, tidak perlu panic buying. Pemerintah menjamin ketersediaan minyak goreng. Jadi, saya berharap fenomena habisnya minyak goreng di berbagai toko peritel tidak terjadi lagi," tegas Wamendag.

Sementara, Menko Airlangga mengatakan pemerintah sepenuhnya menjamin ketersediaan bahan pokok dan kestabilan harganya. Ini agar tingkat kesejahteraan masyarakat bisa terus ditingkatkan. Khususnya minyak goreng, Airlangga menilai agar fenomena kenaikan harganya akhir-akhir ini tidak mengganggu konsumsi masyarakat.

"Jadi, semua pihak diuntungkan," ujarnya.

Dia melanjutkan, para pengusaha, pekerja, pedagang dan semua pihak yang terlibat dalam industri minyak goreng diuntungkan dengan harga yang bagus. Masyarakat pun tidak terganggu suplainya dan harganya juga tetap terjangkau. (esy/jpnn)

Simak! Video Pilihan Redaksi:


Redaktur : Djainab Natalia Saroh
Reporter : Mesya Mohamad

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler