Mensos Juliari: Jadilah Motor Penggerak Melawan Covid-19

Rabu, 11 November 2020 – 16:56 WIB
Kegiatan Tabur bunga dalam rangka peringatan Hari Pahlawan. Foto: Kemensos RI.

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Sosial Juliari P Batubara mengatakan semangat juang para pahlawan hendaknya dijadikan inspirasi dan bisa memotivasi generasi bangsa untuk melanjutkan perjuangan dan cita-cita mereka.

"Dulu para pejuang mengangkat senjata, tetapi kini kita berjuang melawan berbagai permasalahan bangsa, seperti kemiskinan, bencana alam, narkoba, paham-paham radikal serta melawan pandemi Covid-19," kata Mensos Juliari bertepatan dengan Hari Pahlawan pada Selasa (10/11).

BACA JUGA: Mensos Saksikan Penyaluran Bantuan Sosial Tunai Kepada Mayarakat Terdampak Pandemi Covid-19

Dia mengatakan bahwa peringatan Hari Pahlawan 10 November tetap dilakukan dengan khidmat dan tidak kehilangan makna walaupun berlangsung di tengah pandemi Covid-19.

"Semangat kepahlawanan yang terus menyala bisa dijadikan motor penggerak untuk mengisi kemerdekaan guna mewujudkan cita-cita dari para pendiri negeri ini," ungkap Mensos Ari -panggilan Juliari.

BACA JUGA: Astaga, Ada 180 Guru di Surabaya Positif Covid-19, Bagaimana Rencana Pembelajaran Tatap Muka?

Jika di setiap anak bangsa memiliki semangat dan nilai-nilai kepahlawanan, maka itu akan mampu menyelesaikan berbagai masalah bangsa yang begitu kompleks dan dinamis.

"Tunjukkan kontribusi kita kepada bangsa dan negara menjadi pahlawan masa kini dengan memiliki empati untuk menolong sesama, saling menghargai serta menghormati satu sama lain," ucap Mensos Ari.

BACA JUGA: Masyarakat Diajak Teladani Perjuangan Pahlawan dengan Cegah Covid-19

Dia juga mengajak seluruh rakyat Indonesia berpartisipasi dalam memperingati Hari Pahlawan Tahun 2020, sebagai salah satu bentuk penghargaan terhadap jasa para pahlawan.

"Ungkapan dari the founding father kita, Presiden Soekarno, hanya bangsa yang menghargai jasa pahlawannya dapat menjadi bangsa yang besar," kata Mensos Ari.

Pihaknya mengatakan bahwa perjuangan para pahlawan perlu dilanjutkan dengan tetap bersatu, bergotong-royong mengisi kemerdekaan dan tidak menyia-nyiakan perjuangan yang telah mereka korbankan dengan jiwa dan raganya demi bumi pertiwi.

"Ayo buktikan bangsa Indonesia itu bangsa yang tangguh, berdaya saing, penuh daya kreasi, serta tidak kalah dengan bangsa-bansa lain di dunia," tandas Juliari.

Peringatan Hari Pahlawan (Harwan) 2020 mengambil tema Pahlawanku Sepanjang Masa. Salah satu rangkaian acara puncaknya Harwan adalah kegiatan Tabur Bunga di laut pada Selasa, 10 November 2020.

Kegiatan Tabur Bunga digelar di atas geladak KRI Semarang–594 tepat pukul 08.05 WIB, di Dermaga JICT II. Kegiatan itu dihadiri oleh Ketua DPR Puan, Wakasal Laksdya TNI Ahmadi Heri Purwono; serta para Pimpinan TNI-Polri lainnya.  

Kemudian Kepala Badiklit Pensos Prof Syahabbudin, Staf Ahli Menteri Bidang Aksesibilitas Sosial Kementerian Sosial RI Sonny W Manalu Staf Ahli Menteri Bidang Dinamika Sosial Kementerian Sosial RI Adhy Karyono, Tim Teknis  Mensos Bidang Penanganan Fakir Miskin, serta Sekretaris Itjen Kemensos.(*/jpnn)

Simak! Video Pilihan Redaksi:


Redaktur & Reporter : M. Fathra Nazrul Islam

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler