Mensos Risma Kembali Berikan Bantuan Terintegrasi untuk Penanganan Kusta

Minggu, 07 Juli 2024 – 19:00 WIB
Menteri Sosial Tri Rismaharini mengintensifkan pemberian bantuan terintegrasi untuk penanganan kusta di beberapa wilayah Indonesia. Foto: Kemensos

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini mengintensifkan pemberian bantuan terintegrasi untuk penanganan kusta di beberapa wilayah Indonesia.

Adapun bantuan itu meliputi pengobatan kusta, pembangunan lumbung sosial khusus pengidap kusta, penyediaan instalasi pengolahan air bersih bertenaga surya, dan pemberian Rumah Sejahtera Terpadu (RST) bagi pengidap kusta.

BACA JUGA: Kemensos Tantang Menteri Suharso Sebut Nama Pejabat Eselon I yang Terima Bansos

Pada Mei-Juni 2024, Mensos Risma sudah memberikan bantuan untuk penanganan kusta yang tersebar di lima Kabupaten, yaitu Kabupaten Sumba Timur, Barito Kuala, Lebak, Pandeglang, dan Kabupaten Kepulauan Tanimbar.

"Banyak saudara-saudara kami yang terkena kusta, kami putuskan membuat program penanganan kusta sebelum terlambat," kata Mensos Risma saat meninjau Rumah Sejahtera Terpadu (RST) di Kabupaten Kepulauan Tanimbar, Provinsi Maluku.

BACA JUGA: Kemensos Salurkan Bantuan untuk Korban Banjir Lahar Dingin di Sumbar

Dia melakukan berbagai terobosan untuk menekan kemiskinan, salah satunya dengan menangani pengidap kusta.

Politikus PDI Perjuangan itu berkeyakinan, ada kaitan antara kusta dengan kemiskinan. Ketika pengidap kusta dikucilkan atau bahkan sampai ke tahap disabilitas fisik, maka akan menghilangkan produktivitas dan mata pencahariannya.

BACA JUGA: Kemensos Luncurkan Aplikasi Cek Bansos untuk Pastikan Bantuan Tepat Sasaran

"Pengidap kusta kita obati sampai tuntas, secara bersamaan anggota keluarga yang lain dipisahkan agar tidak tertular,” jelas Mensos Risma.

Pembangunan RST juga menjadi salah satu prioritas Mensos Risma untuk menangani pengidap kusta. RST dibangun kemudian ditempati pengidap kusta sehingga makan, tidur dan mandi pengidap kusta terpisah dari anggota keluarga yang lain untuk mencegah penularan.

Seperti di Kabupaten Kepulauan Tanimbar, RST yang dibangun Kemensos persis di depan rumah anggota keluarga pengidap kusta. Selain itu bagi pengidap kusta juga diberikan bantuan kewirausahaan ternak ayam petelur dan bibit tanaman sayuran.
“Telur dan sayuran yang dihasilkan, kemudian bisa dijual atau dikonsumsi sendiri oleh pengidap kusta untuk menambah gizi mereka,” kata Mensos Risma.

Selain bantuan RST, Mensos Risma juga melakukan terobosan dengan membangun instalasi pengolahan air bersih dan air layak minum bertenaga surya di beberapa daerah kejadian kusta.

"Saya siapkan pencegahan (kusta) yang sifatnya sekunder, jadi saya berikan bantuan air bersih," jelas Mensos.

Sebagian besar masyarakat di Kabupaten Barito Kuala memanfaatkan air sungai kecil di dekat rumahnya untuk kebutuhan mandi cuci kakus (MCK), termasuk pengidap kusta.

Sebab, kata dia digunakan bersama-sama dengan pengidap kusta, air sungai menjadi media penularan penyakit kusta bagi masyarakat sekitar.

Tidak hanya membangun pengolahan air bersih, Mensos Risma juga memastikan kebutuhan sehari-hari pengidap kusta dapat terpenuhi melalui pembangunan lumbung sosial.

"Biasanya lumbung sosial disiapkan untuk penanganan korban bencana alam. Nah kali ini kita buat untuk penanganan kusta," terang Mensos Risma.

Di dalam lumbung sosial terdapat obat-obatan, alat makan, perlengkapan mandi, dan perlengkapan tidur untuk pengidap kusta.

“Jika Bapak Ibu kesulitan mendapatkan sabun, handuk dan perlengkapan lainnya, silakan datang ke lumbung sosial. Kami sediakan,” sambung Mensos Risma.

Hingga saat ini Mensos Risma telah memberikan berbagai bantuan terintegrasi penanganan kusta di lima daerah, yaitu Kabupaten Sumba Timur, Barito Kuala, Pandeglang, Lebak, dan Kabupaten Kepulauan Tanimbar.

Bantuan yang diberikan meliputi bantuan lumbung sosial khusus kusta sebanyak 9 titik, instalasi pengolahan air bersih sebanyak 6 titik, dan Rumah Sejahtera Terpadu (RST) sebanyak 7 titik.

Keseluruhan bantuan tersebut menjadi satu kesatuan bantuan yang saling terintegrasi dalam upaya menekan kasus kusta serta menyembuhkan pengidap kusta.

“Jika pengidap kusta sembuh dan bisa produktif kembali, artinya kita sudah bisa mencegah kemiskinan. Itulah yang menjadi prioritas kita bersama,” kata Mensos Risma. (jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Satgasus Bareskrim Polri Dampingi Kemensos Periksa Sejumlah Pegawai Dinsos Lamongan


Redaktur : Dedi Sofian
Reporter : Dedi Sofian, Dedi Sofian

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag

Terpopuler