Mensos Risma Minta Bank Himbara dan Pemda Tingkatkan Koordinasi Penyaluran Bansos

Kamis, 30 September 2021 – 22:44 WIB
Menteri Sosial Tri Rismaharini menggelar pertemuan untuk mengevaluasi penyaluran bantuan sosial di Provinsi Gorontalo, Kamis (30/9). Foto: Kemensos

jpnn.com, GORONTALO - Menteri Sosial Tri Rismaharini melakukan evaluasi kendala terhadap penyaluran bantuan sosial di Provinsi Gorontalo.

Seperti yang terjadi di daerah lainnya, persoalan penyaluran bansos berkisar pada belum terdistribusinya KKS, rekening terblokir, adanya pendataan ganda, dan prosedur perbankan yang dirasakan berbelit.

BACA JUGA: Mensos Risma: Tidak Benar Kemensos Hentikan Program Bansos

Hal ini terjadi, baik kepada Keluarga Penerima Manfaat (KPM) untuk Program Keluarga Harapan (PKH) maupun Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT).

Terkait persoalan tersebut, Mensos Risma meminta Bank Himbara di Gorontalo dan pemerintah daerah meningkatkan koordinasi dalam penyaluran bansos.

BACA JUGA: Mensos Risma Sarankan Bangun Tanggul untuk Atasi Banjir Akibat Luapan Danau Limboto

Mensos Risma mengungkapkan permasalahan distribusi kartu bisa diselesaikan minggu pertama Oktober ini.

Dia juga meminta agar pihak Bank Himbara dan Pemda serta pendamping keluarga penerima manfaat untuk bersinergi dalam penyaluran perluasan penerima manfaat bantuan sosial di Gorontalo.

BACA JUGA: Mensos Risma Berikan Penghargaan Atas Prestasi Luar Biasa Atlet Paralimpiade Tokyo

"Saya minta Himbara untuk langsung bawa kartunya dan lansung cash, biar tidak dua kali kerja. Pemda juga sediakan tempat biar Himbara juga tidak repot," jelas Mensos Risma, Kamis (30/9).

Mensos Risma juga menegaskan Kemensos akan terus memastikan keluarga penerima manfaat mendapatkan haknya.

"Satu orang pun akan kami perjuangkan, kasihan penerima manfaat Pak. Kalau perlu pendamping tulis surat untuk KPM yang bertani tadi, biar mereka tahu mereka menerimanya berapa," kata mantan Wali Kota Surabaya itu.

Wakil Gubernur Gorontalo Idris Rahim mengapresiasi kehadiran Mensos Risma di Provinsi Gorontalo yang memberikan perhatian khusus untuk memastikan data penerima manfaat bantuan sosial tepat sasaran.

"Saya lihat Ibu Menteri sangat bertanggung jawab terhadap data ini. Saya mengucapkan terima kasih Ibu Menteri telah memberikan bantuan yang banyak sekali, yang tidak terhitung siang hari ini," kata Wagub Idris Rahim.

Dalam kunjungannya di Gorontalo, Mensos Risma juga menyalurkan bantuan Atensi kepada 474 orang dengan nilai mencapai Rp 699,1 juta.

Bantuan diberikan berupa atensi anak yatim piatu akibat COVID-19, bantuan aksesibilitas, bantuan kebutuhan dasar dan bantuan kewirausahaan.

Mensos Risma juga memberikan semangat kepada para penerima manfaat dan mengingatkan untuk tidak mudah menyerah.

"Jangan pernah menyerah ya, Tuhan kita itu adil, jangan bilang tidak bisa. Anak-anak ibu bisa, belajar yang rajin, buat bangga orang tua kalian, buat bangga Gorontalo, buat bangga Indonesia," kata Risma kepada para penerima bantuan Atensi. (mrk/jpnn)

 

BACA ARTIKEL LAINNYA... Mensos Risma Terjunkan Tim Trauma Healing untuk 26 Santri Korban Pencabulan


Redaktur : Sutresno Wahyudi
Reporter : Sutresno Wahyudi, Sutresno Wahyudi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag
Kemensos   Mensos Risma   bank Himbara   Bansos   KPM   PKH   BNPT  

Terpopuler