Mensos Risma Minta Semua Penyaluran Bansos jangan Melewati Akhir Tahun

Kamis, 23 Desember 2021 – 21:26 WIB
Inspektur Jenderal (Irjen) Kemensos Dadang Iskandar menyerahkan secara simbolis bantuan di BNI Cabang Kota Bekasi, Kamis (23/12). Foto: dok Kemensos

jpnn.com, BEKASI - Menteri Sosial Tri Rismaharini meminta kepada jajaran Kementerian Sosial (Kemensos) agar semua bantuan sosial (bansos) bagi Keluarga Penerima Manfaat (KPM) bisa tersalur sebelum 31 Desember 2021.

“Ini merupakan arahan Ibu Mensos terkait Monitoring dan Evaluasi (Monev) Percepatan Penyaluran KKS Program Keluarga Harapan (PKH) dan Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) agar tak melewati 31 Desember ini,” ujar Inspektur Jenderal (Irjen) Kemensos Dadang Iskandar di BNI Cabang Kota Bekasi, Kamis (23/12).

BACA JUGA: Mensos Risma: Hari Ibu Jadi Momentum bagi Perempuan untuk Bangkitkan Generasi Penerus

Dia menambahkan mulai hari, Kamis (23/12) dilakukan percepatan penyaluran, aktivasi KKS bansos PKH dan Program Sembako kepada 400 KPM di Kota Bekasi.

Pencairan bansos tersebut berupa uang tunai maupun sembako.

“Penyaluran bansos ada bentuk uang tunai dan sembako seperti beras, sayuran, ayam atau daging, buah-buahan dan yang lainnya,” tuturnya.

BACA JUGA: Bansos Ecih Akhirnya Cair setelah Menunggu 4 Tahun, Kemensos Ungkap Alasannya

Lebih lanjut, dia mengatakan Kemensos meminta dari semua bansos yang diterima KPM harus dipantau oleh pendamping PKH dan koordinator daerah (korda) agar digunakan sesuai untuk pemenuhan gizi keluarga dan mengurangi stunting.

Dia berharap bansos yang diterima itu dibelanjakan untuk memenuhi kebutuhan sembako keluarga, bukan yang lainnya.

BACA JUGA: Kemensos Beri Bantuan Atensi pada HKSN 2021, Risma Ingatkan soal Kesetiakawanan

Salah seorang KPM BPNT/program sembako, Siti Sarini (31) warga Penggilingan Baru Kel Harapan Baru, Bekasi Utara menerima 8 tahap terdiri 6 tahap x Rp 200 ribu Rp 1,2 juta dan 2 tahap dengan paket sembako.

“Tidak menyangkan menerima bansos yang sebelumnya belum pernah menerima dari pemerintah. Sekali lagi terima kasih, ” tutur Siti.

Pimpinan Cabang BNI Kota Bekasi, Akta Seli Tatu Pusa menyampaikan kesanggupannya menyalurkan bansos dalam bentuk tunai kepada KPM PKH sesuai dengan permintaan dari pihak Kemensos.

“Kami siap menyalurkan bansos PKH dalam bentuk tunai sebelum batas akhir sebelum 31 Desember 2021 dengan pelayanan tertib,” katanya.

Penyerahan simbolis diberikan kepada 1 KPM PKH oleh Irjen, 1 KPM BPNT/Program Sembako oleh Karo keuangan Kemensos, 1 KPM BPNT/progam Sembako yang merupakan penyandang disabilitas netra oleh Sekretaris Itjen.

Penyaluran bansos Kemensos diawasi oleh Aparat Penegak Hukum (APH) di 514 kabupaten/kota seluruh Indonesia melibatkan Kejaksaan Agung RI dan Bareskrim Mabes Polri.

Hal itu untuk memastikan bisa sesuai waktu, jumlah dan tepat sasaran. (mrk/jpnn)

Simak! Video Pilihan Redaksi:

BACA ARTIKEL LAINNYA... Kemensos Dirikan Command Center, Tangani Masalah Sosial Hingga Penanggulangan Bencana


Redaktur : Dedi Sofian
Reporter : Dedi Sofian, Dedi Sofian

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler