Mensos Tri Rismaharini Terima Bintang Mahaputera Utama, Sang Putra Mengaku Bangga

Kamis, 15 Agustus 2024 – 10:46 WIB
Menteri Sosial Tri Rismaharini didampingi putranya Fuad Bernardi seusai menerima tanda kehormatan Bintang Mahaputera Utama dari Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam sebuah upacara di Istana Negara, Jakarta, Rabu (14/8) sore. Foto: Dokumentasi Humas Kemensos

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Sosial Tri Rismaharini atau Mensos Risma menerima tanda kehormatan Bintang Mahaputera Utama dari Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam sebuah upacara di Istana Negara, Jakarta, Rabu (14/8) sore.

Penghargaan tersebut merupakan bentuk apresiasi negara atas dedikasi dan kontribusi signifikan yang telah diberikan Mensos Risma dalam upayanya memajukan kesejahteraan sosial di Indonesia.

BACA JUGA: Mensos Risma Beri Semangat Kepada 18 Perempuan Korban TPPO: Siapapun Bisa Sukses

Bintang Mahaputera Utama merupakan salah satu penghargaan tertinggi yang diberikan kepada warga negara yang telah berjasa besar bagi bangsa dan negara.

Mensos Risma dinilai telah menunjukkan kepemimpinan yang luar biasa, terutama dalam upayanya meningkatkan kualitas hidup masyarakat, khususnya mereka yang berada dalam kelompok prasejahtera.

BACA JUGA: Mensos Risma Beri Penghargaan 67 Tokoh yang Bantu Tugas Kemanusiaan Kemensos

Fuad Bernardi yang mendampingi Mensos Risma saat menerima penghargaan di Istana Negara menyampaikan rasa bangga terhadap ibunya.

"Saya bangga terhadap penghargaan yang diterima Ibu dari Presiden Joko Widodo. Penghargaan ini membuktikan kinerja ibu sebagai pejabat pemerintahan mulai wali kota dan saat ini Menteri Sosial," ungkap Fuad Bernardi, putra Mensos Risma.

BACA JUGA: KPK Usut Korupsi Bansos Presiden, Mensos Risma: Zaman Aku Sudah Enggak Ada

Sejak menjadi Wali Kota Surabaya hingga Menteri Sosial, Tri Rismaharini dikenal mempunyai komitmen tinggi dalam menangani berbagai masalah sosial di masyarakat.

Bukti tingginya komitmen tersebut, Tri Rismaharini menggunakan 60 persen waktunya untuk terjun langsung ke lapangan.

Mensos Risma juga memiliki berbagai program inovatif yang bertujuan mengatasi masalah kemiskinan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Beberapa inisiatif saat menjadi memimpin Kementerian Sosial (Kemensos) yang dilakukan Mensos Risma, antara lain Program Pahlawan Ekonomi Nusantara (PENA), pembangunan ratusan lumbung sosial untuk mitigasi bencana.

Kemudian penanganan penyakit katarak, pengidap kusta, bantuan air bersih, pembangunan rumah sejahtera terpadu, penyaluran alat bantu bagi penyandang disabilitas, penanganan terhadap orang dengan gangguan jiwa (ODGJ), korban tindak pidana perdagangan orang (TPPO) hingga penanganan anak sebagai kelompok rentan serta berbagai bantuan lainnya.

Tidak hanya itu, Mensos Risma juga kerap turun langsung ke daerah tertinggal, terdepan, dan terluar (3T) untuk memastikan bantuan sosial sampai kepada mereka yang membutuhkan.

Penganugerahan ini menambah daftar panjang prestasi yang telah diraih Mensos Risma sepanjang kariernya, baik saat menjabat sebagai Wali Kota Surabaya maupun sebagai Menteri Sosial.

Dedikasi dan kepemimpinan Mensos Risma diharapkan terus membawa dampak positif bagi masyarakat Indonesia. (mrk/jpnn)


Redaktur : Sutresno Wahyudi
Reporter : Sutresno Wahyudi, Sutresno Wahyudi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler