Menteri dari Parpol Memunculkan Kecurigaan

Sabtu, 08 Mei 2010 – 15:17 WIB
JAKARTA - Ketua Fraksi Partai Demokrat Anas Urbaningrum secara tegas menyatakan menolak pengganti Menteri Keuangan Sri Mulyani dari kalangan partai politik (parpol)Alasannya, menteri yang berasal dari parpol akan memunculkan kecurigaan-kecurigaan yang tidak perlu.

"Karena sebagus apapun kalau datang dari parpol, memungkinkan kecurigaan-kecurigaan yang tidak perlu

BACA JUGA: Pola Rekrutmen KPU Daerah Akan Diubah

Lebih baik dari kalangan non partai yang profesional, lurus, jujur," kata Anas usai diskusi di Warung Daun Cikini, Jakarta, Sabtu (8/5).

Anas berharap pengganti Sri Mulyani punya kompetensi  bisa melakukan komunikasi dengan partai politik dan di DPR yang selama ini menjadi buntu
Kebuntuan itu dibuktikan dengan ditolaknya kehadiran Sri Mulyani pada beberapa kesempatan sidang di DPR.

Namun, Anas yang juga Ketua DPP Partai Demokrat itu mengatakan tidak akan mengusulkan proposal nama pengganti Sri Mulyani kepada Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.

"Kami konsisten dengan sistem presidensil

BACA JUGA: Susno Berani Sebut Kapolri Arogan

Dalam sistem presidensil, siapa yang berhak mengangkat dan memberhentikan menteri adalah presiden
Hak prerogatif presiden karena itu kami tidak mengajukan proposal nama tapi kami mengajukan pikiran sebaiknya yang diangkat sebagai pengganti ibu smi bukan dari kalangan partai politik," katanya.

Anas juga mengungkapkan selama ini tidak ada nama-nama yang muncul dari Fraksi Demokrat untuk menggantikan Sri Mulyani

BACA JUGA: Berjanji Akan Terus Harumkan Nama Indonesia

Kemunculan nama Anggito Abimanyu, Darmin Nasution, Agus Martowardoyo, Fuad Rahmany, dan  Kuntoro Mangkusubroto diakui tidak diketahui siapa yang sengaja memunculkan.

"Kami tidak tahu muncul dari mana, tapi nama-nama  yang muncul atau belum muncul punya peluang dan kami serahkan sepenuhnya kepada presiden yang  tahu persis siapa yang bisa menjalankan tugas dengan baik dan bekerjasama, menjalankan visi ekonomi presidenKami tidak konsen dengan nama-nama itu," tukasnya(awa/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Hatta Pastikan Menkeu Non-Parpol


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler