Menteri Marwan Dorong Desa Wisata di Kepulauan

Jumat, 13 Februari 2015 – 19:44 WIB
Pulau Sevelak. Foto: dok.JPNN

jpnn.com - JAKARTA – Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (DPDTT), Marwan Jafar, menilai masyarakat desa di daerah kepulauan dapat menjadi garda terdepan dalam mengelola potensi kepulauan.

Hal ini mengingat besarnya potensi kepulauan yang bisa dimanfaatkan untuk wisata dan mempertahankan ketahanan pangan di sektor maritim.

BACA JUGA: Fahri Hamzah Santai Tanggapi Ancaman Boikot Australia

"Banyak pulau-pulau indah di Indonesia yang masih belum terawat secara baik. Masyarakat desa seharusnya bisa menjadi garda depan dalam pengelolaan potensi kepulauan. Jadi upaya pengelolaan kawasan kepulauan harus mementingkan kesejahteraan masyarakat setempat dan memberdayakan SDM yang ada di daerah tersebut,” ujarnya, Jumat (13/2).

Menurut Marwan, dengan konsep pengelolaan yang baik dan ramah lingkungan, diyakini dapat menambah daya tarik wisatawan yang ingin berkunjung ke daerah-daerah.

BACA JUGA: Para Kepala Daerah Curhat ke Presiden soal Kelakuan LSM Nakal

Apalagi jika konsep yang dikedepankan mengutamakan pola-pola seperti desa wisata bahari, maka potensi dapat terpelihara dengan baik.

“Pemerintah akan memfasilitasi pengembangan konsep desa wisata berbasis pulau kecil, dengan membentuk kelembagaan desa. Tapi perlu adanya lembaga desa untuk melakukan kegiatan wisata yang ada di desa tersebut yang juga dikelola oleh masyarakat setempat. Hal ini agar ada tata kelola yang baik,” katanya.(gir/jpnn)

BACA JUGA: Jika Seluruh Honorer K2 Diangkat CPNS, Ini Gaji yang Harus Ditanggung APBN

BACA ARTIKEL LAINNYA... Seskab Bantah Jokowi Sudah Hubungi Setya Novanto


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler