Menteri Sudirman Batal Bareng Jokowi ke AS, Ada Apa?

Sabtu, 24 Oktober 2015 – 22:21 WIB
Menteri ESDM Sudirman Said. FOTO: DOK.JPNN.com

jpnn.com - JAKARTA – Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Sudirman Said tidak ikut mendampingi Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam kunjungan ke Amerika Serikat (AS).

Hal itu disampaikan Sekretaris Kabinet Pramono Anung, di Bandara Internasional Halim Perdana Kusuma, Jakarta, Sabtu (24/10).

BACA JUGA: ANEH: Gubernur Ini Mengizinkan Perusahaan Membakar Lahan

“Menteri ESDM (Sudirman Said) batal ikut serta dalam kunjungan itu,” ucap Pram, sapaan Pramono Anung.

Penjelasan Pram itu sekaligus menjawab spekulasi mengenai rencana Jokowi bertemu dengan petinggi PT Freeport dalam kunjungan di Negeri Paman Sam itu. Sayangnya, Pram enggan menjelaskan alasan Sudirman Said tak ikut bersama Presiden Jokowi.

BACA JUGA: BACA: Ini Kisah Mengharukan Wakil Ketua MPR di Pelabuhan Pontianak

“Menteri ESDM tidak jadi berangkat. Jadi tidak ada lagi spekulasi terkait pertemuan dengan Freeport. Tidak ada itu,” kata Pramono di Bandara Halim Perdana Kusuma, Sabtu (24/10).

Seperti diketahui, kabar bahwa akan ada pertemuan antara Presiden Jokowi dan petinggi PT Freeport telah ramai diperbincangkan di media sosial. Pasalnya, ada dugaan perusahaan tambang yang memiliki operasi di wilayah Papua itu sedang ngebet memperpanjang kontrak dengan pemerintah.

BACA JUGA: Politikus PAN Dukung Hukuman Mati untuk Koruptor, Ini Alasannya

Menurut Pram, Jokowi hanya diagendakan bertemu dengan Presiden Barack Obama dan pimpinan parlemen negara adidaya itu di Washington DC. Setelah itu, Presiden Jokowi beserta rombongan akan bertolak ke Negara Bagian California untuk mengunjungi kawasan pusat industri digital, Sillicon Valley.

“Jadi Presiden akan lakukan dua kunjungan ke dua tempat yang sangat berbeda. Yang satu sangat formal dan yang satu lagi sangat informal,” ucap Pram.(dil/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Ini Omongan Tegas Kapolri, Penghentian Kasus Risma Bukan Politis


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler