Menuju Puncak Laga Para Jawara

Semifinal Liga Champions Hadirkan Berbagai Nuansa

Selasa, 20 April 2010 – 10:56 WIB
TUAN RUMAH - Para pemain Inter Milan saat merayakan gol dalam laga sebelumnya di perempat final. Foto: UEFA.com.
DINIHARI nanti WIB, para pencinta sepakbola bakal disuguhi oleh pertandingan pembuka babak semifinal Liga Champions Eropa musim 2009/2010Tepatnya yaitu leg (pertemuan) pertama antara tuan rumah Inter Milan dengan tamunya FC Barcelona

BACA JUGA: Sneijder Ingin Juara di Bernabeu

Laga dengan gaya permainan yang berbeda, dari tim-tim yang berasal dari dua negara dengan kultur sepakbola (barangkali) sama kuat namun punya kekhasan masing-masing pula.

Inilah laga para jawara
Inter adalah juara kompetisi Italia Serie A tahun lalu, dengan ambisi mempertahankan gelarnya pula tahun ini, sekaligus memenangi trofi Liga Champions, di samping menjuarai satu lagi turnamen dalam negerinya, Coppa Italia

BACA JUGA: UEFA Tak Revisi Jadwal Champions

Sementara Barca - sebutan Barcelona - adalah juara bertahan di pentas antar tim-tim papan atas Eropa ini, sekaligus juga langganan juara dalam negerinya (La Liga) yang kini juga tengah di puncak klasemen.

Dua tim semifinalis lainnya, yang bakal bermain besok malam atau Rabu (21/4) dinihari WIB, juga tak kalah hebatnya
Mereka adalah tuan rumah Bayern Munchen serta tamunya Olympique Lyonnais alias Lyon

BACA JUGA: Enggan Dukung Musuh Bebuyutan

Berasal masing-masing dari Jerman dan Prancis, kedua tim menggenapi empat klub yang mewakili empat negara di semifinal Liga Champions musim ini, yang finalnya bakal digelar di stadion Santiago Bernabeu, di Madrid, Spanyol.

Sebuah formasi semifinal ideal sebenarnya, dengan laga final yang oleh banyak orang tentu juga diharapkan bakal idealJika menilik dari kekuatan dan popularitasnya, banyak orang berharap, dari kedua partai semifinal ini Barca dan Munchen-lah yang kelak bakal bertarung di finalAkan menjadi ideal di satu sisi bagi tuan rumah perhelatan, karena jika itu terjadi, berarti wakil Spanyol ikut bermain di finalKendati sebenarnya banyak orang di Madrid, terutama pecinta klub kota itu, Real Madrid, sudah cukup lama tak menyukai Barca yang adalah pesaing abadi mereka.

:TERKAIT Namun, apapun itu harapan yang ada untuk partai puncak, kini ada semifinal yang harus dilalui lebih duluMaka awal pekan ini, segenap tim Barca pun memulai perjalanan mereka untuk menggapai tempat di pertarungan puncak itu, dengan menaiki bis sejauh hampir 1.000 km berkendaraan menuju MilanDengan bis? Ya, itulah pula satu nuansa menarik di perhelatan semifinal Liga Champions musim ini, lantaran adanya gangguan di jalur penerbangan Eropa khususnya akibat sebaran abu vulkanik dari letusan gunung di Islandia sanaUntungnya, terutama bagi pecinta sepakbola dunia, UEFA tak hendak terpengaruh dengan kejadian itu dan tetap mempertahankan jadwal laga-laga turnamen akbarnya ini.

Lantas, bagaimana peta kekuatan, atau gambaran prediksi pertandingan semifinal nanti malam? Untuk partai semifinal pertama ini, banyak orang mungkin sadar, Barca adalah favorit juara (lagi) musim iniMereka dijagokan untuk menjadi klub pertama yang menjuarai kompetisi antarklub Eropa itu dua musim beruntun, setelah AC Milan yang mencapainya pada 1990.

Namun, langkah mereka menuju prestasi itu tidak ringan, lantaran di semifinal harus bersua dengan InterBelum lagi faktor alam yang menjadi penghambat jelang first leg di Giuseppe Meazza, dinihari nanti ituLetusan Gunung Eyjafjallajokull di Islandia, mengakibatkan jadwal penerbangan di Eropa kacau-balauDampaknya, Barca harus melawat ke Milan dengan menggunakan jalan daratMereka harus menempuh jarak sekitar 985 km.

Situasi yang membuat para punggawa Barcelona kehilangan banyak waktu untuk beristirahat, sebaliknya merupakan kondisi yang bisa menjadi keuntungan buat tuan rumah InterApalagi, mereka mengusung ambisi untuk mengakhiri sejarah buruk melawan BarcelonaNamun, Barcelona tetap percaya diri"Dengan banyak waktu yang kami habiskan bersama pelatih, saya yakin itu akan membantu kami agar lebih bersatu dan solid untuk mengalahkan Inter," papar Sergio Busquets, gelandang Barca, seperti dikutip Reuters.

Pantas saja Barca begitu pedeMereka memang memiliki rekor yang fantastis melawan InterSepanjang sejarah pertemuan kedua tim, dalam delapan kali bentrok, Barca menang empat kali, seri tiga kali, dan Inter menang sekaliSelain itu, Barca juga memiliki rekor tak terkalahkan dalam partai away di Liga Champions dalam dua musim terakhirMereka juga dominan ketika bersua tim asal ItaliaBuktinya, Barca tidak terkalahkan dalam tujuh bentrok terakhirInilah catatan yang ingin dicoret Inter.

:POLLING Pada musim ini, Barca juga sudah dua kali bertarung melawan InterHasilnya, ketika bertanding di Giuseppe Meazza, Nerazzurri - julukan Inter - hanya meraih hasil seri tanpa gol, sementara Inter kalah 0-2 tatkala menantang Barca di Nou Camp"Kami harus mempersiapkan diri dengan tenangPertandingan seperti ini harus kami lakoni dengan mengandalkan otak dibandingkan kakiMental tanding sangat berpengaruh dalam laga sarat tekanan," ungkap Samuel Eto'o, striker Inter, seperti dikutip Inter Channel.

Namun meski Barca lebih diunggulkan, bukan berarti skuad Inter kalah mutuInter memiliki barisan belakang yang solid, lini tengah yang kreatif, serta deretan striker yang juga tajamMampu menyingkirkan Chelsea pada perempat final adalah bukti kekuatan mereka.

Yang jelas, pada laga dinihari nanti, Barca belum bisa memainkan Andres Iniesta yang masih cedera, tapi sudah bisa menggunakan tenaga Zlatan Ibrahimovic dan Eric AbidalSoal kendala absennya pemain, selama ini, memang selalu berhasil diatasi entrenador Barca, Josep Guardiola.

Sedangkan Mourinho, juga telah banyak belajar dari kekalahan pertemuan sebelumnya dengan Barca"Mereka pernah mengalahkan kami, (tapi) itu bukan berarti mereka bakal kembali mengalahkan kami lagi di babak berikutnya," koar Mourinho, seperti dilansir Soccernet.

Menarik dan mendebarkanHingga tak sabar rasanya menunggu malam segera datang, guna bersiap menyaksikan laga mereka, laga para jawara(ham/ito/jpnn)

---------------------------------------
PERJALANAN KE SEMIFINAL

Inter Milan
Fase Grup
16/09/09 v Barcelona             0 - 0     (Home)
29/09/09 v FK Rubin Kaza    1 - 1     (Away)
20/10/09 v Dynamo Kiev       2 - 2     (Home)
04/11/09 v Dynamo Kiev       1 - 2     (Away)
24/11/09 v Barcelona             2 - 0     (Away)
09/12/09 v FK Rubin Kazan  2 - 0     (Home)

16 Besar
24/02/10 v Chelsea         2 - 1      (Home)
16/03/10 v Chelsea         0 - 1     (Away)

8 Besar
31/03/10 v CSKA Moskow      1 - 0      (Home)
06/04/10 v CSKA Moskow      0 - 1     (Away)

Barcelona
Fase Grup
16/09/09 v Internazionale      0 - 0     (Away)
29/09/09 v Dynamo Kiev       2 - 0       (Home)
20/10/09 v FK Rubin Kazan  1 - 2     (Away)
04/11/09 v FK Rubin Kazan  0 - 0     (Home)
24/11/09 v Internazionale      2 - 0     (Home)
09/12/09 v Dynamo Kiev        1 - 2     (Away)

16 Besar
23/02/10 v VfB Stuttgart     1 - 1     (Away)
17/03/10 v VfB Stuttgart     4 - 0     (Home)

8 Besar
31/03/10 v Arsenal         2 - 2     (Away)
06/04/10 v Arsenal         4 - 1     (Home)

PERKIRAAN TIM

Inter Milan (4-3-1-2)

Pemain: 12-Julio Cesar (g); 13-Maicon, 25-Samuel, 6-Lucio, 4-Zanetti; 8-Motta, 19-Cambiasso, 5-Stankovic; 10-Sneijder; 9-Eto?o, 22-Milito
Pelatih: Jose Mourinho

Barcelona (4-3-3)
Pemain: 1-Valdes (g); 2-Alves, 3-Pique, 18-Milito, 22-Abidal; 6-Xavi, 16-Busquets, 15-Keita; 10-Messi, 9-Ibrahimovic, 17-Pedro
Pelatih: Josep Guardiola

Head to Head (Catatan Pertemuan)
24/11/09 Barcelona    v Inter Milan    2-0
16/09/09 Inter Milan    v Barcelona    0-0
26/02/03 Inter Milan    v Barcelona    0-0
18/02/03 Barcelona    v Inter Milan    3-0
04/02/70 Inter Milan    v Barcelona    1-1

BACA ARTIKEL LAINNYA... Puja-puji Terlontar untuk Messi


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler