Mercedes Tak Hanya Ganggu Vettel

Sabtu, 05 Oktober 2013 – 10:53 WIB

jpnn.com - YEONGAM - Jalan Sebastian Vettel untuk meraih kemenangan ketiga secara beruntun di Grand Prix Korea mendapatkan tantangan berat dari Mercedes. Dua pembalap Mercedes, Lewis Hamilton dan Nico Rosberg, menjepit Vettel di tiga besar catatan waktu terbaik sesi latihan. Hamilton menguasai dua sesi latihan yang berlangsung di Sirkuit Yeongam, Jumat (5/10).

Dalam dua sisi latihan, Hamilton memecundangi Vettel. Hingga di sesi siang hari, Hamilton mencatatkan waktu terbaik 1 menit 38,673 detik. Catatan tersebut lebih cepat 0,108 detik dari catatan waktu terbaik Vettel. Untuk pertama kalinya dalam enam balapan terakhir, Hamilton berada di posisi pertama sesi latihan Jumat.

BACA JUGA: Wisnu Yuli Mentok di 16 Besar

"Saya sangat senang dengan cara kami melewati sesi latihan hari ini. Ini pertama kalinya saya bisa mengingat bahwa di sesi latihan kedua kami mendapatkan kecepatan yang baik," ujar Hamilton.

Sementara Rosberg memang tak sekali pun mampu menggeser Hamilton di posisi teratas pada dua sesi latihan kemarin. Namun, dia membuat Vettel harus mencapai batasnya di sesi latihan kedua. Rosberg hanya ketinggalan 0,016 detik dari Vettel.

BACA JUGA: Persib Pensiunkan Empat Pemain

"Kami tak melakukan banyak perubahan bila dibandingkan dengan balapan di Singapura. Tapi, hari ini berlangsung dengan halus dan semua proses berjalan dengan baik. Kami melakukannya dengan bersih dari awal," tambah Hamilton.

Sementara Vettel mengakui tak akan mendapatkan balapan mudah seperti yang dialaminya di Singapura dua pekan lalu. Mercedes dan Ferrari memiliki potensi yang besar untuk menghadangnya. Apalagi, duo Mercedes sudah merasa nyaman dengan mobil mereka sejak hari pertama.

BACA JUGA: Laga Perpisahan Skuad Lama

"Saya kira balapan di Singapura berlangsung luar biasa bagi kami di banyak sisi. Tapi, hari ini sangat ketat. Tak ada yang tahu seberapa banyak bahan bakar yang dibawa tiap mobil, tapi kualifikasi akan sangat ketat, terutama karena Mercedes sudah membuktikannya di sepanjang musim," beber pembalap Red Bull-Renault itu.

Vettel mengatakan, masih banyak hal yang bisa ditingkatkan menuju latihan terakhir dan kualifikasi. Hanya saja, seperti yang diungkapkan rekan setimnya, Mark Webber, mobil mereka bermasalah pada keseimbangan. Saat mengakhiri lintasan lurus, ada sedikit sliding yang mengganggu laju mobil menuju tikungan berikutnya.

"Saya kira kami harus lebih memahami manajemen ban. Kami harus bekerja untuk keseimbangan mobil saat menjalani long-run. Sebab, kami tak boleh cuma fokus di kualifkasi," ujar Webber.

Webber berada di posisi keempat. Dia hanya terpaut 0,063 detik dari Vettel. Itu artinya, dia sudah banyak memangkas jarak dari Vettel seperti yang terjadi di GP Singapura.

"Kuncinya adalah memiliki mobil yang kuat di sektor pertama yang didominasi lintasan lurus. Sehingga, peluangnya jadi besar jika harus melakukan overtake," ungkap Webber. (ady)

:ads="1"

BACA ARTIKEL LAINNYA... Ribery Kerja Lebih Keras Dibanding Messi dan Ronaldo


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler