Messi Pencetak Gol ke 5.000 Barca

Selasa, 03 Februari 2009 – 05:30 WIB
Foto : AP
SANTANDER - Sentuhan ajaib Lionel Messi kembali berbuah kemenangan bagi BarcelonaSeperti yang terjadi saat Barca menekuk tuan rumah Racing Santander 2-1 (0-0) di jornada (pekan) ke-21 Liga Primera Spanyol kemarin dini hari WIB (2/2)

BACA JUGA: Rossoneri Kejar Inter

Dalam laga di Estadio El Sardinero itu, Messi memborong dua gol kemenangan tim tamu meski turun sebagai pemain pengganti.

Pelatih Barca Pep Guardiola baru menurunkan Messi pada menit ke-59, tiga menit setelah Racing mencetak gol lewat eksekusi penalti Nikola Zigic
Penalti itu diberikan wasit David Fernandez Borbalan setelah bek Barca Rafael Marquez menjatuhkan Jonathan Pereira di kotak terlarang.

Hanya enam menit di lapangan, Messi membuat skor imbang memanfaatkan bola liar dari crossing Thierry Henry yang gagal disundul dengan sempurna oleh Xavi Hernandez

BACA JUGA: Edwin van der Sar, Kiper Terhebat Sepanjang Sejarah Liga Inggris

Akhirnya, pada menit ke-81, Messi memberikan gol kemenangan bagi Barca
Gol kedua striker 21 tahun tersebut sangat istimewa

BACA JUGA: Fergie: Saya Terlalu Tua

Sebab, itu adalah gol ke-5.000 Barca sepanjang sejarah Liga Spanyol.

''Saya tidak terpikir untuk menjadi pencetak gol ke-5.000 BarcaSaya baru mengetahuinya seusai pertandinganSebagai pemain, yang terpikirkan selama pertandingan adalah tim ini menang dan saya berusaha memberikan yang terbaik ketika diminta bermain,'' tutur Messi kepada Goal.

Berkat dua gol dari Messi, Barca kini meraih kemenangan ketujuh beruntun di Liga PrimeraYang lebih penting, kemenangan itu memantapkan posisi Barca di pucuk klasemen dengan keunggulan 12 poin dari musuh abadinya, Real MadridLa Blaugrana -julukan Barcelona- kini mengoleksi 56 poin, sedangkan Real 44 poin.

''Kemenangan atas Racing Santander telah menjaga keunggulan kami dengan rivalHanya, kami tetap harus menjaga konsistensi permainan kami jika ingin meraih gelar di akhir musim,'' ujar Guardiola kepada Associated Press.

Meski menang atas Racing, Guardiola dibuat stres dan tegang sepanjang pertandinganTerlebih, saat Barca harus kehilangan dua defender di menit-menit pertandinganHal itu seiring diusirnya Marquez dan Gerard Pique karena mengantongi kartu kuning kedua''Sekalipun kami dominan dalam pertandingan, tak ada gol sama artinya tak ada kemenangan,'' jelasnya.

Terkait keputusan tidak memainkan Messi sebagai starter, Guardiola beralasan pertimbangan recovery dan rotasiPasalnya, Messi tampil penuh (2 x 45 menit) saat mengantarkan klub asal Catalan itu menang 3-2 atas Espanyol di second leg perempat final Copa del Rey Kamis lalu (29/1).

Karena Messi di bangku cadangan, Guardiola mendorong Andres Iniesta dari gelandang sebagai penyerang sayap''Saya tahu kapasitas seorang Messi dan saya senang dia telah menunjukkannya dengan dua gol yang memberi kemenangan bagi tim kami,'' ungkap pelatih 38 tahun itu kepada Associated Press.

Di kubu Racing Santander, entrenador Juan Ramon Muniz dengan tegas menyebut bahwa kekalahan timnya disebabkan faktor Messi''Ketika namanya tidak ada dalam starter, kami legaTapi, ketika dia memasuki lapangan, saya menduga dia akan memberi masalah besar bagi kami dan itu memang terbukti,'' kata Muniz seperti dilansir Marca(dns/ca)

BACA ARTIKEL LAINNYA... MU Makin Aman di Singgasana


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler