Metaverse Dorong Peningkatan Sektor Perdagangan Digital di Indonesia

Jumat, 18 Februari 2022 – 07:36 WIB
Metaverse menjadi  teknologi yang perlu dimanfaatkan secara maksimal di tengah meningkatnya sektor perdagangan digital saat ini. Ilustrasi metaverse: DisCas

jpnn.com, JAKARTA - Metaverse menjadi  teknologi yang perlu dimanfaatkan secara maksimal di tengah meningkatnya sektor perdagangan digital saat ini.

"Metaverse memberikan pengalaman yang berbeda serta mendorong tumbuhya sisi bisnis baru," ungkap Jery, dalam seminar dialogue dengan tema 'Metaverse: Pemahaman dan Manfaatnya Bagi Perdagangan’, Kamis (17/2).

BACA JUGA: Gandeng WIR Group, Sebentar Lagi BRI Ada di Metaverse

Metaverse merupakan dunia komunitas virtual untuk saling terhubung satu sama lain, misalnya bekerja, bermain, bahkan bertransaksi jual-beli layaknya dunia nyata.

Jery mengatakan metaverse tidak hanya menjadi suatu wahana baru di dunia, tetapi memberikan nilai ekonomi yang besar dalam menciptakan ekonomi baru di tengah masyarakat.

BACA JUGA: Aplikasi Anak Bangsa Ini Dirilis di Metaverse, Keren!

Menurut Jery, peningkatan konsumen digital selama pandemi Covid-19 pada 2020 hingga 2021 mencapai 21 juta pengguna baru.

Para konsumen digital diprediksi akan menetap dalam menggunakan layanan digital dan diperkirakan tingkat kepuasan layanan mencapai 87 persen di seluruh sektor.

BACA JUGA: PR Gus Yahya Setelah Jadi Ketum PBNU: Metaverse hingga Rencana 100 Tahun

Selain itu, sangat banyak kegiatan perdagangan yang tidak dapat lepas dari penggunaan teknologi metaverse, antara lain promosi dan pameran atau virtual expo.

Hal tersebut terus berkembang dengan diperkenalkannya teknologi Virtual Reality (VR) dan Augmented Reality (AR), bahkan keberadaan teknologi lain seperti blockchain, aset kripto dan non fungible token (NFT) turut memfasilitasi perdagangan di dalam metaverse.

Jery menjelaskan bahwa di tahun ini Indonesia memegang posisi Presidensi G20 dengan tema ‘Recover Together, Recover Stronger’.

Topik terkait digitalisasi salah satunya juga ikut menjadi isu yang dibahas pada G20 Trade, Investment, and industry Working Group (TIIWG).

Isu yang dibahas, antara lain Stronger SDGs for Robust Global Economic Recovery through Inclusive Trade, Sustainable Investment and Industry dan Digital Trade and Sustainable GVCs.

“Kami berharap dialog ini menjadi sarana literasi publik terkait perkembangan metaverse, memberikan manfaat bagi ekosistem perdagangan, dan mengangkat sektor perdagangan, khususnya UMKM di Indonesia," tegas Jery.(mcr28/jpnn)


Redaktur : Elvi Robia
Reporter : Wenti Ayu

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag

Terpopuler