MIND ID Kembali Gelar Kompetisi Karya Jurnalistik, Mahasiswa Bisa Ikut, Simak Syaratnya!

Rabu, 21 Agustus 2024 – 10:55 WIB
MIND ID kembali menggelar Kompetisi Karya Jurnalistik MediaMIND 2024 dengan mengusung tema 'Merangkai Masa Depan'. Foto: Dokumentasi MIND ID

jpnn.com, JAKARTA - BUMN Holding Industri Pertambangan Indonesia (MIND ID) mengumumkan pembukaan kembali Kompetisi Karya Jurnalistik MediaMIND 2024.

Kompetisi yang mengusung tema 'Merangkai Masa Depan ini diselenggarakan dalam rangka memberi kesempatan bagi para jurnalis untuk mempublikasikan karya-karya jurnalistik yang membawa dampak positif bagi industri pertambangan mineral batubara.

BACA JUGA: Antam Bersama MIND ID Gelar Bakti BUMN Untuk Indonesia di Halmahera

Grup MIND ID memberi ruang seluas-luasnya untuk para jurnalis, baik di tingkat nasional hingga daerah untuk mengikut ajang kompetisi tahunan ini.

"Kami dengan bangga mengumumkan kompetisi MediaMIND 2024 kembali dibuka, dan kami ucapkan selamat berkompetisi bagi seluruh media di seluruh Indonesia," kata Corporate Secretary MIND ID Heri Yusuf dalam keterangannya, Rabu (21/8).

BACA JUGA: Grup MIND ID Pamer Teknologi Pengelolaan Air Ramah Iklim di Festival LIKE 2024

Lebih lanjut Heri menjelaskan keistimewaan MediaMIND tahun ini adalah perseroan turut mengundang civitas academica untuk ikut berpartisipasi.

Mahasiswa dari berbagai kampus di Indonesia dipersilakan untuk menuangkan karya reportasenya dengan mewawancarai serta mengutip dosen maupun guru besar universitas.

BACA JUGA: Asa MIND ID Demi Memajukan Kesejahteraan UMK di Daerah Operasional Anggota Holding

"Dengan kategori baru ini, kami berharap lebih banyak pemikiran dan pandangan baru yang dapat memperkaya narasi serta pembentukan opini di sektor mineral dan batubara ke depan," ungkap Heri Yusuf.

Adapun panitia akan memilah karya dari empat kategori, yakni karya tulis (hard news dan feature), foto tunggal, video berita dan media sosial.

Untuk kategori kampus, mahasiswa dapat mengikuti kategori tulisan reportase.

Ketentuan umum untuk kategori peserta media massa adalah WNI yang berprofesi sebagai jurnalis, melampirkan formulir pendaftaran, dan boleh mendaftarkan maksimal 5 karya untuk setiap kategori.

Semua jenis karya yang dikirimkan harus sesuai tema, tidak mengandung unsur SARA, dan memenuhi standar kode etik jurnalistik.

Sementara itu, ketentuan umum untuk kategori kampus antara lain peserta adalah WNI yang merupakan mahasiswa aktif, melampirkan formulir pendaftaran, dan mendaftarkan maksimal 3 karya.

Mahasiswa dapat memanfaatkan hasil wawancara dari dosen aktif sebagai bahan reportase, tidak mengandung unsur SARA serta sesuai dengan tema.

Untuk kebutuhan informasi lebih lanjut terkait MediaMIND 2024, peserta dapat mengunjungi media sosial @miningindustry.id

Tema dan Subtema MediaMIND 2024

Dengan tema "Merangkai Masa Depan", MediaMIND 2024 menekankan latar belakang isu terkait hilirisasi mineral dan batubara (minerba) yang berkontribusi bagi perekonomian Indonesia.

Selain memperkuat ekonomi nasional, hilirisasi minerba dapat meningkatkan nilai tambah komoditas, memperluas peluang pasar, menciptakan lapangan kerja baru, dan meningkatkan pertumbuhan ekonomi di berbagai daerah.

Rantai hilirisasi ini diharapkan terus tersambung hingga ke industri yang lebih hilir terutama ekosistem baterai untuk kendaraan listrik.

Subtema MediaMIND 2024 terbagi menjadi lima: ekonomi, industrialisasi, environmental, social, dan governance (ESG), tanggung jawab sosial dan lingkungan, serta ekosistem baterai kendaraan listrik.

Heri Yusuf menyampaikan tema dan sub tema ini mengikuti isu-isu yang memang menjadi perhatian bagi banyak pihak.

"Kami berharap lebih banyak media dan civitas akademi tertarik untuk ikut menyampaikan karya-karyanya," ujarnya. (mrk/jpnn)


Redaktur : Sutresno Wahyudi
Reporter : Sutresno Wahyudi, Sutresno Wahyudi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler