Misbah Hasan Minta Jokowi Evaluasi Kemampuan Kerja Budi Waseso

Selasa, 09 Juli 2019 – 22:33 WIB
Budi Waseso. Foto: Miftahulhayat/Jawa Pos

jpnn.com, JAKARTA - Sekretaris Jenderal Forum Indonesia untuk Transparansi Anggaran (Fitra) Misbah Hasan meminta Presiden Joko Widodo mengevaluasi kinerja Direktur Utama Bulog Budi Waseso alias Buwas.

Misbah menilai manajemen penyaluran beras Bulog di era Buwas cenderung menurun. "Hal itu harus dibenahi agar tidak merugikan negara dan rakyat Indonesia," katanya, Selasa (9/7).

BACA JUGA: Khofifah Sodorkan Tiga Usulan Pembangunan Jatim ke Jokowi

Misbah mengatakan, Buwas hanya fokus penyerapan ke dalam gudang tetapi tidak bisa mendistribusikannya. "Beras yang sangat banyak dan ada kemungkinan busuk. Kalau dihitung-hitung, ada indikasi kerugian negara karena pembelian Bulog menggunakan anggaran APBN," tuturnnya.

BACA JUGA: DPRD OKUT Minta Buwas Periksa Beras Busuk di Gudang Bulog

BACA JUGA: Fahri Hamzah: Meski Presiden Kayak Pahlawan Pemberi Amnesti, tapi kan Capek, Pak

Dia juga sepakat dengan rekomendasi Ombudsman yang mengkritisi penumpukan beras di gudang Bulog. Apabila kasus tersebut tidak dibenahi selama tiga tahun ke depan, maka lebih baik Bulog dibubarkan. "Itu rekomendasi Ombudsman," tambah dia.

Oleh karena itu, Misbah mengharapkan Jokowi segera mengevaluasi kinerja Buwas. Apalagi, Buwas belum memiliki inovasi bagus terkait dengan penyerapan pangan ke Bulog. "Mereka juga gagal mendistribusikan dan cenderung merugikan yang negara," kata dia. (tan/jpnn)

BACA JUGA: Jokowi Sebut PPP Pantas Minta 9 Kursi Menteri

BACA ARTIKEL LAINNYA... Ganjar Pranowo Bawa Satu Bundel Usulan, Jokowi Cuma Minta Tiga


Redaktur & Reporter : Fathan Sinaga

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag
Budi Waseso   Bulog   Jokowi   Buwas   beras  

Terpopuler