MK Diminta Tak jadi Macan Kertas

Senin, 22 Agustus 2011 – 14:45 WIB
JAKARTA- Anggota Komisi III DPR RI,  Aboe Bakar Alhabsy menegaskan agar Ketua Mahkamah Konstitusi Mahfud MD, bisa menjaga martabat lembaganyaPertanyaan itu disampaikan terkait pelantikan Mahfud MD hari ini, Senin (22/8) sebagai Ketua MK, setelah sebelumnya terpilih untuk periode kedua

BACA JUGA: Tim Penjemput Neneng Belum Terbentuk



"Menurut saya sudah tepat Pak Mahfud terpilih kembali, beliau sangat kompeten menempati posisi tersebut
Semoga beliau tetap bisa menjaga martabat dan kehormatan MK dengan mengawal putusan-putusan MK agar tidak sekedar menjadi macan kertas," kata Abu Bakar kepada pers, Senin (22/8) di Jakarta.
 
Dia mencontohkan, misalnya soal keputusan sengketa pemilihan kepala daerah yang tidak dilaksanakan Komisi Pemilihan Umum, serta putusan-putusan lainnya

BACA JUGA: Menhub Optimis Mudik 2011 Lebih Baik

Menurut politisi Partai Keadilan Sejahtera itu, melihat sampai saat ini Mahfud masih getol menjaga gawang MK


"Hal ini dapat dilihat pada kasus pemalsuan surat MK," kata Aboe Bakar

BACA JUGA: Buru Nunun, KPK Andalkan Tim Lama




Seperti diketahui, Mahfud MD, kembali terpilih menjadi Ketua MK periode 2011-2014 dalam sidang pemungutan suara pemilihan Ketua MK, yang digelar di Ruang Sidang Pleno, Gedung MK, Jakarta, Kamis (18/8/2011), siang.

Proses pemilihan Ketua MK baru, diikuti oleh sembilan orang Hakim MKMerekalah yang berhak mencalonkan diri dan memberikan suara dalam pemilihan Ketua MK.

Dari kesembilan Hakim MK, diketahui, kesemuanya memberikan suara dalam pemilihan tersebutNamun dari kesembilan Hakim, hanya tiga orang yang mencalonkan diri sebagai Ketua MKMereka adalah, Mahfud MD, Hamdan Zoelva, dan Harjono.

Proses pemilihan dilangsungkan dengan cara voting tertutup, di mana setelah proses perhitungan suara berakhir, perolehan suara untuk Mahfud MD diketahui mencapai 5 suara, Harjono 2 suara, dan Hamdan Zoelva 1 suaraTerdapat juga satu suara abstain. (boy/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Komite Etik akan Kembali Panggil Nazar


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler