MK Marah, Zainal Arifin Ditetapkan Tersangka

Pesimis Satgas Mampu Luruskan Penyidik Polri

Jumat, 09 September 2011 – 14:40 WIB

JAKARTA - Mahkamah Konstitusi (MK) menilai, langkah mantan paniteranya, Zainal Arifin Hoesein melaporkan kejanggalan penyidikan kasusnya yang ditangani Bareskrim Polri ke Satgas Pemberantasan Mafia Hukum yang dianggapnya ceroboh sehingga dirinya ditetapkan sebagai tersangka merupakan suatu hal yang sia-sia.

"Kalau saya sih pesimis, tapi MK tetap mendorong untuk mencari keadilanNamanya orang berusaha, pasti bertindak apa saja," kata juru bicara MK, Akil Mochtar di gedung MK, Jumat (9/9).

Menurut Akil, posisi Satgas Pemberantasan Mafia Hukum sejajar dengan Polri yang sama-sama berada di bawah kekuasaan presiden

BACA JUGA: Ulang Tahun, SBY Dihadiahi Kepala Botak Fadjroel

Karena itu, sangat sulit berharap institusi yang dipimpin Kuntoro Mangkusubroto tersebut berani menegakkan kebenaran dan meluruskan kinerja penyidik yang menyimpang.

Dijelaskan Akil, MK sebenarnya tidak hanya kaget, melainkan marah dengan penetapan Zainal Arifin sebagai tersangka
Belum lagi gelagat penyidik yang berusaha melokalisir kasus tersebut agar berhenti pada penetapan tersangka dari staf MK semua menandakan pengusutan kasus surat palsu tersebut sengaja tidak dituntaskan.

"MK tidak tinggal diam menyikapi masalah ini

BACA JUGA: Perusahaan Tak Kredibel, Klausul Asuransi Sulitkan TKI

Karena jika dibiarkan, maka MK nanti diobok-obok institusi lain," jelas Akil.

Meski kinerja penyidik Polri diakui buruk, Akil tetap percaya pengusutan kasus surat palsu cepat atau lambat segera tuntas
Pasalnya opini publik sudah terbentuk dengan mengetahui siapa yang seharusnya bersalah dan menjadi tersangka.

Selain itu lanjut Akil,  tidak selamanya penyidik bakal tahan terus didesak masyarakat, LSM, DPR, dan MK, meski dilindungi penguasa

BACA JUGA: Pengusaha Rokok Gugat UU Kesehatan

"Kita harus berpikir optimis, tidak perlu menunggu pergantian rezim untuk menyelesaikan kasus ini," tandas  Akil(kyd/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Eks Kapolri Yakin Intelijen Terlibat Pembunuhan Munir


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler