Mobil Ketua DPRD Balangan Dibakar

Pelaku Juga Coba Membakar Rumah

Kamis, 08 September 2011 – 04:03 WIB
Mobil Dinas Ketua DPRD Balangan di bakar orang tidak dikenal. FOTO: ZAKI MUBARAK/RADAR BANJARMASIN

PARINGIN – Mobil sedan Altis DA 80 Y milik Ketua DPRD Balangan Zainuddin Rabu (7/9) diduga sengaja dibakar oleh orang tidak dikenalDugaan itu berdasarkan dengan hasil temuan barang bukti dari penyelidikan dan olah kejadian di tempat perkara (TKP)

BACA JUGA: Rusak Markas Ahmadiyah, Polisi Tangkap Aktivis FPI

Selain itu, rumah isteri Ketua Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Balangan itu juga coba dibakar, salah satu pintu rumah bagian belakang hangus terbakar.

Kapolres Balangan AKBP M Yudha Setyabudi menyatakan telah dilakukan olah TKP dan proses penyelidikan
Menurutnya, dengan olah TKP yang dibantu oleh Seksi Identifikasi (Si Ident) Polda Kalsel dapat mempercepat proses pengembangan

BACA JUGA: Mendagri Tunggu Reaksi Plt Gubernur

“Kita belum dapat memastikan kejadian tersebut apakah ada unsur kesengajaan atau tidak sebelum seluruh tahapan dilakukan
Akan tetapi, dari hasil sementara telah ditemukan beberapa barang bukti yang mengarah kesana,” ujarnya, Rabu (7/9).

Dikatakannya, peristiwa tersebut akan diproses sesuai tahapan ketentuan penyelidikan

BACA JUGA: Pusat Bisnis Baru Tanpa Amdal Lalin

Menurutnya, tidak ada persoalan yang dikait-kaitkan, terkecuali ditemukan bukti dari penyelidikanYang jelas, di TKP polisi menemukan sejumlah barang bukti, yakni dahan pucuk ubi yang diduga sebagai penyulut api, kemudian gumpalan kapuk yang terbakar di atas kaca depan mobil dan jeriken merah ukuran dua liter bekas berisi bahan bakar bensin.

Peristiwa terbakarnya mobil dan pintu rumah bagian belakang itu dipastikan berlangsung sekitar pukul 04.20 Wita pagi dini hari, berlokasi di Desa Piyait RT 1, Kecamatan Awayan yang berjarak sekitar 25 kilometer dari Kota Paringin, Kabupaten Balangan.

Zainuddin saat ditemui dilokasi kejadian Rabu (7/9) kemarin menerangkan, beruntung anak perempuannya Nurul (19) bangun subuh ituSaat keluar dari kamarnya, anaknya kaget dan berteriak ketika melihat api menyala di pintu bagian belakang rumahnya.

Zainuddin dan istrinya Misdawati kemudian sontak bangun, langsung berusaha memadamkan apiPintu tumah yang terbakar itu pun akhirnya dapat dipadamkanLalu mereka kembali dikagetkan dengan kobaran api yang menyala dari arah depan rumah.
Ternyata, api berkobar di kap depan mobil dinas Ketua DPRD tersebutZainuddin dan isterinya pun berteriak meminta pertolongan wargaDengan bantuan warga api yang berkobar pun berhasil dipadamkanDalam aksi pemadaman api itu Zainuddin sempat terjatuh dan mengalami luka kecil di bagian bahu.“Saya juga tidak menyangka kebakaran itu dilakukan dengan kesengajaan,” katanya

Meskipun Zainuddin mengaku dapat memperkirakan masalah itu terkait persoalan apaAkan tetapi, ia enggan mengatakan terkait dengan siapa.  ”Saya serahkan saja lah dengan pihak kepolisian untuk mengungkap kejadian ini dan menangkap pelakunya,” ujarnya.

Sekadar diketahui, Ketua DPRD Balangan sendiri sebenarnya memegang dua buah mobil dinas, yaitu Toyota Fortuner DA 2 Y dan sedan Altis DA 80 YZainuddin mengaku, jika ia biasa menyetir sendiri mobil dinas jenis sedan yang dibawanya pulang hari ituSedangkan untuk fortuner, Zainuddin lebih mempercayakan kemudi kepada sopir.

Ditambahkannya, pada malam sebelum kejadian itu, padahal ada acara pembacaan syair burdah dan syukuran atau selamatan persis disamping rumahnyaDari penjelasan Zainuddin, rumah yang coba dibakar itu adalah rumah Misdawati, perempuan yang dinikahinya sepeninggal mendiang isteri pertamanya

Sudah dalam sepekan ini, dirinya sering berada di Piyait, AwayanSelain itu, ia juga memiliki tempat tinggal di Desa Baruh Bahinu, namun lebih sering di rumah dinas Komplek Perumahan Pejabat Pemkab Balangan, Griya Garuda Maharam Paringin.

Camat Awayan, Hifni mengatakan, lingkungan RT 1 Desa Piyait ini memang dapat dikatakan sedikit penduduknya dan rumahnya pun terletak sangat berjauhanAda empat RT di dilingkungan Desa Piyait ituBerjarak sekitar 25 kilometer dari Kota Paringin, setelah Kecamatan Paringin Selatan, menuju Desa Piyait melewati Desa Pudak, Awayan, Badalungga, Baramban.

”Tidak ada laporan khusus dari pembakal atau ketua RT terkait kejadian itu, karena memang tidak ada ronda atau pun penjagaan malam, namun, jika diperlukan aparat desa siap dimintai keterangan,” ujarnya.

Diakui oleh warga setempat Syarwani (40), malam itu dirinya sedang berada di rumah, ia pun kaget setelah mendengar keributanHingga, ia keluar rumah sudah melihat ada mobil terbakarBersama warga setempat ia membantu memadamkan api”Saya mendengar ibu Misdawati meminta tolong untuk memadamkan api,” katanya.

Kejadian itu, menarik perhatian sejumlah pejabat dilingkungan Pemkab setempat, Bupati Balangan bersama Wakil Bupati Balangan sempat bertandang kelokasi dan menengok kondisi Zainuddin(kim/yn/bin)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Tabrakan, Anggota Brimob Tewas


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler