MPI DPP KNPI dan OKP Gelar Rapat Persiapan Kongres

Selasa, 28 Desember 2021 – 02:18 WIB
Peserta rapat Majelis Pemuda Indonesia (MPI) KNPI untuk mempersiapkan Kongres Pemuda XVI KNPI pada Senin (27/12/2021). Foto: Dok. KNPI

jpnn.com, JAKARTA - Majelis Pemuda Indonesia (MPI) KNPI menggelar Rapat untuk mempersiapkan Kongres Pemuda XVI KNPI. Rapat tersebut sebagai respons atas mperpecahan di tubuh Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI). 

Rapat yang digelar pada Senin, 27 Desember 2021 di Hotel Grand Alia Prapatan Kramat bertujuan mewujudkan persatuan pemuda Indonesia supaya tidak ada lagi perpecahan dalam kubu KNPI.

BACA JUGA: DPP KNPI Sayangkan Kehadiran Ridwan Kamil di Acara Pelantikan Ridwansyah Yusuf

Perlu diketahui, komposisi MPI DPP KNPI terdiri dari Ketua Umum DPP KNPI periode sebelumnya sebagai Ketua Majelis (Ketua MPI), selain itu di dalam tubuh MPI juga diisi oleh seluruh Ketua Umum Organisasi Kepemudaan (OKP) yang berhimpun di KNPI sebagai ex-officio.

“Rapat MPI bertujuan untuk mengambil langkah konkret sehingga perpecahan KNPI dapat diselesaikan secara baik dan dan bermartabat,” ungkap Rifaid Darus. 

BACA JUGA: Kapan Musda DPD KNPI DKI Jakarta Bakal Digelar?

Perpecahan DPP KNPI berdampak terhadap keberlangsungan program KNPI di daerah serta program seluruh OKP yang berhimpun di KNPI.

Oleh karena itu, MPI KNPI terdiri dari representasi OKP dapat menggelar rapat untuk merumuskan langkah paling tepat dalam rangka penyelamatan organisasi. 

BACA JUGA: Perumahan Dinas TNI AL Jadi Contoh Toleransi Umat Beragama

Surat undangan yang beredar ditandatangani Muhammad Rifai Darus selaku Ketua MPI KNPI.

MRD, sapaan akrab Muhammad Rifai Darus adalah Ketua MPI KNPI baik dari kubu Haris Pertama maupun Noer Fajriansyah.

Undangan juga ditembuskan langsung kepada Presiden Republik Indonesia, Wakil Presiden Republik Indonesia, Menko PMK RI, Menkopolhukam RI, Menpora, Menkum HAM, Kapolri, dan seluruh elemen DPP KNPI.

Dalam rapat tersebut disampaikan oleh MPI KNPI bahwa dengan adanya perpecahan di tubuh KNPI makin mengkhawatirkan bagi organisasi, mulai dari tingkat pusat hingga tingkat daerah dan kecamatan.

“Jelas menjadi perhatian bagi seluruh anggota MPI KNPI. Sebab, MPI KNPI bersama Ketua Umum OKP Tingkat Nasional perlu urun-rembug demi penyelesaian masalah tersebut. MPI KNPI hanya memiliki satu tujuan: Persatuan dan Penyatuan KNPI dalam menyelesaikan dan menyatukan perpecahan KNPI,” ujar Rifai

Lebih lanjut, Rifai menyampaikan anggota MPI KNPI mendorong penyatuan organisasi KNPI dengan mengakhiri konflik yang selama ini terjadi. Hal ini harus berangkat dari kesadaran berpikir serta kelapangan hati semua pihak.

"MPI KNPI sebagai stakeholder dan shareholder dari KNPI mengundang seluruh anggota MPI KNPI," kata anggota MPI KNPI Sirajuddin Abdul Wahab.

Seperti diketahui, setiap OKP yang berhimpun di KNPI memiliki struktur kepengurusan dari pusat hingga daerah (Kabupaten/Kota). Jika konflik terus berlarut, maka jelas akan berdampak terhadap keberlangsungan organisasi dari setiap OKP.

 

Sedikitnya terdapat sekitar 150 lebih OKP yang berhimpun di KNPI. Menyelamatkan KNPI berarti menyelamatkan OKP-OKP yang berhimpun di KNPI.

 

Adapun keputusan yang telah disepakati dalam Rapat MPI KNPI dan OKP yang dipimpin oleh Muhammad Rifaid Darus sebagai Ketua MPI KNPI, yaitu:

 

Kesepakatan dan Pemufakatan Majelis Pemuda Indonesia (MPI) KNPI bersama OKP Tingkat Nasional:

1. Bahwa MPI KNPI dan OKP Tingkat Nasional berkomitmen melaksanakan dan menghadiri Satu Kongres – Satu KNPI;

2. Bahwa pelaksanaan Kongres Pemuda KNPI XVI diselenggarakan oleh para pihak DPP KNPI bersama MPI KNPI;

3. Bahwa apabila para pihak DPP KNPI tidak bersepakat untuk melaksanakan Satu Kongres, maka stakeholder KNPI yakni OKP yang berhimpun dalam wadah KNPI berkomitmen melaksanakan Kongres Pemuda/KNPI XVI yang diselenggarakan oleh MPI KNPI dan OKP sebagai penanggung jawab;

4. Bahwa Kongres Pemuda/KNPI XVI yang dilaksanakan oleh MPI KNPI dan OKP menjadi satu-satunya Kongres KNPI yang dihadiri oleh OKP yang berhimpun di KNPI;

5. Bahwa Ketua MPI KNPI bersama-sama anggota MPI dan Ketua Umum OKP yang telah membuat surat pernyataan kepada Presiden RI Cq. Menpora RI membentuk tim untuk mempersiapkan pelaksanaan Kongres Pemuda/KNPI XVI sebagai berikut:

Ketua Tim : Muhammad Rifai Darus

Anggota-Anggota:

Gunung Hutapea

Budi Harianto

Rudi Darmawanto

Syahril Harahap

Sahid Ali Al Idrus

Noman Silitonga

Sirajuddin Abdul Wahab

Achmad Suhawi

6. Bahwa Kongres Pemuda/KNPI XVI diselenggarakan pada tanggal 27 Januari 2022 atau selambat-lambatnya bulan Februari 2022.

Jakarta, Senin, 27 Desember 2021

Simak! Video Pilihan Redaksi:


Redaktur & Reporter : Friederich

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler