MPR Dorong SBY Bersuara Lantang Protes Kudeta Militer Mesir

Kamis, 15 Agustus 2013 – 15:51 WIB

jpnn.com - JAKARTA - Wakil Ketua MPR, Hajriyanto Y Thohari mendesak Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) bertindak proporsional dan bersuara lantang ke dunia internasional agar tindak kekerasan yang saat ini tengah berlangsung di Mesir segera dihentikan.

"Jangan bingung! Indonesia harus bertindak proporsional dan bersuara lantang khususnya ke negara-negara Islam dan umumnya ke dunia internasional," tegas Hajriyanto Y Thohari, di gedung DPR, Senayan Jakarta, Kamis (15/8).

BACA JUGA: KPK Sindir Keterlibatan Guru Besar di Kasus Korupsi

Bertindak proporsional dan bersuara lantang itu lanjutnya, sesuai dengan Pembukaan UUD 45 yakni ikut melaksanakan ketertiban dunia berdamaian dan keadilan sosial. "Indonesia harus menyatakan kekecewaan dan kecaman atas kondisi kekerasan di Mesir," ujar Hajriyanto.

Dikatakannya, Indonesia tidak perlu lagi bingung. Peristiwa yang terjadi di Mesir itu jelas-jelas kudeta militer yang bertentangan dengan prinsip-prinsip dasar demokrasi dan warga sipil yang menjadi korban.

BACA JUGA: Alat Pembuat Sabu di LP Cipinang Milik Freddy

"Sebagai negara yang menganut demokrasi, Indonesia harus bersuara keras, setidaknya mengecam dan menyatakan kecewa. Mengutuk kudeta dan mengutuk aksi penembakan terhadap pendemo. Anehnya, dunia internasional diam diri," ujar politisi Golkar itu.

Dia juga berharap, Indonesia bisa memberikan tawaran solusi ke Mesir. "Sodorkan berbagai solusi atau jalan tengah agar kekerasan segera berakhir dan rakyat Mesir kembali hidup dengan tenang damai," saran Hajriyanto Y Thohari. (fas/jpnn)

BACA JUGA: Menkum HAM: Napi dan Sipir Cipinang Sering Nyabu Bareng

BACA ARTIKEL LAINNYA... Marzuki Alie Klaim Sudah Ingatkan Rudi


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler