Mudik Lebaran, Kemenhub Angkut 25 Ribu Sepeda Motor Gratis

Jumat, 12 Juni 2015 – 14:37 WIB

jpnn.com - JAKARTA – Kementerian Perhubungan kembali menyediakan layanan angkut sepeda motor gratis untuk para pemudik. Tahun ini, Kemenhub berencana mengangkut 25 ribu sepeda motor ke berbagai kota di Jateng dan Jatim.

Ini merupakan agenda kelima yang dilakukan Kemenhub saat menyambut lebaran. Kali pertama Kemenhub menggelar angkut sepeda motor gratis tersebut ialah pada lebaran 2011 silam.

BACA JUGA: Tito: Tegas bukan Berarti harus Tembak Mati

Kepala Pusat Komunikasi Publik Kemenhub, J. A. Barata mengatakan, fasilitas tersebut diberikan sebagai bentuk perhatian pemerintah terhadap keselamatan transportasi. Sebab, masa arus mudik dan balik Lebaran banyak terjadi kecelakaan yang melibatkan sepeda motor.

"Ini juga dalam rangka mengurangi kepadatan lalu lintas di jalan. Pemudik yang akan membawa sepeda motor ke kampung halamannya tidak perlu susah payah. Sebab, Kementerian Perhubungan telah memfasilitasi pengangkutan sepeda motor gratis dengan moda kereta api, moda angkutan jalan dan moda kapal laut," ujar Barata di Jakarta, Jumat (12/6).

BACA JUGA: Mantan Kadensus 88 Antiteror, Kini Prioritaskan Pengamanan Pilkades

Data kecelakaan lalu lintas dari kepolisian menunjukkan, penyelenggaraan angkutan sepeda motor gratis bagi pemudik pada 2014 memberikan pengaruh terhadap turunnya angka kecelakaan.

Yakni, mencapai 2.878 kecelakaan. Sementara, pada 2013 lalu terjadi 3.512 kecelakaan. “Sepeda motor merupakan kendaraan yang paling rendah tingkat kestabilannya, dan kendaraan ini (motor) memang tidak dirancang untuk perjalanan jarak jauh," tandas Barata. (chi/jpnn)

BACA JUGA: Keluarga Jokowi Ucapkan Duka Cita untuk Tukang Becak yang Meninggal

 

 

BACA ARTIKEL LAINNYA... Dua Polisi Aktif dan Satu Purnawirawan Ramaikan Bursa Capim KPK


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler