Muifa Datang, Bandara di Timur Tiongkok Tutup

Terimbas, Penerbangan di Korsel Juga Dibatalkan

Senin, 08 Agustus 2011 – 13:51 WIB
SHANGHAI - Serangan taifun Muifa membuat porak- poranda wilayah pesisir timur Tiongkok dan selatan Korsel kemarin (7/8)Amuk topan dahsyat tersebut mengganggu transportasi

BACA JUGA: US Navy SEALs Disetarakan dengan Tokoh Superhero

Otoritas setempat pun melarang kapal nelayan berlayar dan meminta mereka tetap sandar di pelabuhan.

Larangan itu dikeluarkan setelah seorang warga hilang saat Muifa menyapu wilayah pesisir Provinsi Zhejiang
Kantor berita Xinhua melaporkan, pria itu hilang setelah kapal yang ditumpanginya tenggelam.

Sebelumnya, pergerakan Muifa diprediksi mendekati Shanghai pada akhir pekan

BACA JUGA: Heli AS Ditembak Taliban, 38 Tewas

Tapi, arah topan berubah saat di laut
Dari Zhejiang, Muifa bergerak menuju Provinsi Shandong dengan kekuatan yang mampu melongsorkan tanah di wilayah tersebut.

Badan Meteorologi Shandong memperkirakan bahwa kekuatan Muifa akan melemah ketika memasuki daratan

BACA JUGA: Terpinggirkan secara Politik, Dites Keperawanan karena Demo

Namun, otoritas setempat tetap mengimbau sekitar 20 ribu kapal nelayan untuk tidak berlayar.

Sejumlah penerbangan dari dan menuju Shandong pun terpaksa dibatalkanPemerintah Shandong khawatir Muifa akan membawa kerusakan yang sama besar dengan Topan Saomai pada 2006Saat itu, badai terburuk selama 50 tahun terakhir tersebut menewaskan sedikitnya 450 orang.

Karena alasan itu pulah, lebih dari 600 ribu penduduk telah dievakuasi dari sejumlah wilayah di sepanjang garis pantai timur Tiongkok, termasuk ShanghaiTopan Muifa membawa hujan deras dan angin kencang di kota bisnis itu kemarinMedia setempat melaporkan, angin kencang telah merusak jaringan listrik serta merobohkan rambu lalu-lintas dan pohon di beberapa wilayah.

Dua bandara di Shanghai terpaksa ditutup kemarin pagiSehari sebelumnya, sekitar 200 pesawat juga batal terbangAkibatnya, 30 ribu calon penumpang tidak bisa dilayani.

Beruntung, karena badai ternyata bergerak lebih cepat dan kondisi kembali normal, otoritas bandara di Shanghai membuka kembali penerbangan pada sore hari kemarinMedia lokal menyebut bahwa tidak ada laporan kemacetan di jalan-jalan utama Shanghai saat topan menerjang.

Selain timur Tiongkok, Muifa juga menerjang wilayah Korea Selatan (Korsel)Kantor berita Yonhap melaporkan, angin kencang mengempaskan pohon-pohon maupun tiang listrik di pulau wisata Jeju, selatan KorselRibuan rumah mengalami mati lampu karena listrik terputus.

Bandara Jeju juga terpaksa membatalkan hampir seluruh penerbanganNamun, tidak ada laporan jatuhnya korban.

Pusat Perkiraan Dampak Lingkungan Laut Tiongkok mengingatkan bahwa topan itu bisa mempengaruhi wilayah jauh lebih luas daripada prediksi awalYakni, jika Muifa terus berputar-putar di pesisir timur Tiongkok dan bergerak jauh ke utara"Dalam kasus ini, Muifa akan memengaruhi seluruh wilayah timur dan utara laut," kata lembaga itu.

Untuk mengantisipasi kemungkinan itu, otoritas Kota Dalian di timur laut Tiongkok atau utara Shandong terpaksa menunda agenda acara festival bir tahunan hingga dua hari dari jadwal semulaShandong adalah wilayah yang terkenal dengan bir Tsingtao(AFP/AP/cak/dwi)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Pelajaran Penting bagi Para Diktator Arab


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler