Mulailah Hari dengan Minum Lemon Water, Ini Manfaatnya

Senin, 17 Juli 2017 – 04:00 WIB
Infused water. Ilustrasi. Foto Dedaunan.com

jpnn.com - Ada begitu banyak alasan untuk minum segelas lemon hangat di pagi hari. Satu hal yang perlu diketahui, minum segelas air lemon adalah cara paling mudah untuk menjaga kesehatan Anda sepanjang hari.

Sebenarnya ada beragam keuntungan bagi Anda yang rajin minum segelas air lemon. Berikut ini penjelasannya, seperti dilansir laman Care2, Kamis (13/7).

BACA JUGA: Rasa Cemas Mulai Menggangu? Ini 8 Cara Efektif Mengatasinya

1. Memberi Anda dorongan energi.

Mengandalkan kafein memiliki konsekuensi jangka panjang, termasuk mengurangi kelenjar adrenal Anda.

BACA JUGA: Mengenal Kanker Kolon dan 6 Cara Menghindarinya

Sebagai gantinya, air lemon mengoksigenasi dan memberi energi pada tubuh.

2. Mempromosikan pencernaan yang baik.

BACA JUGA: 6 Gejala Sakit Jantung yang Jarang Diketahui

Air lemon merangsang perut untuk meningkatkan produksi cairan pencernaan dan memperbaiki peristaltik, kontraksi otot yang mendorong makanan melalui seluruh sistem pencernaan.

Peningkatan pencernaan berarti penyerapan unsur hara yang jauh lebih baik.

3. Merangsang eliminasi.

Segelas air lemon ternyata bisa merangsang produksi empedu hati.

Air lemon yang dikombinasikan dengan peristaltik yang lebih baik dari keseluruhan sistem pencernaan, adalah metode pembuangan sampah yang lebih alami.

Air lemon juga berperan sebagai diuretik ringan, meningkatkan frekuensi buang air kecil dan membersihkan racun dari saluran kemih dengan lembut.

4. Memberi dorongan pada sistem kekebalan tubuh Anda.

Perasan jus lemon segar akan memberi Anda suntikan antioksidan vitamin C (sekitar 44,5 mg per lemon), namun yang lebih penting, membantu tubuh mempertahankan pH seimbang.

Meski lemon rasanya asam, namun di dalam tubuh lemon bersifat basa dan alkali tubuh merupakan kunci penting dalam meningkatkan kesehatan yang baik.

5. Membantu detoksifikasi hati.

Dengan lebih dari 500 fungsi, hati merupakan organ yang sangat sibuk. Perannya yang paling penting adalah menyaring darah dari produk limbah, obat-obatan terlarang, pestisida dan racun lainnya.

Proses ini membutuhkan cairan empedu untuk membawa racun yang dinetralkan ke dalam usus untuk menghilangkannya dengan aman.

Jus lemon adalah kolagen yang kuat, zat yang merangsang produksi empedu dan meningkatkan aliran empedu ke dalam usus kecil.

Segelas pagi air lemon dengan lembut mendetoksifikasi hati.

6. Membantu Anda menurunkan berat badan.

Hati adalah organ pembakaran lemak yang penting. Hati mengatur metabolisme lemak, menghancurkan lemak dan mengirimkannya keluar melalui usus besar.

7. Kulit lebih baik.

Tindakan detoksifikasi dengan minum air lemon akan melepaskan kotoran melalui setiap titik saluran detoksifikasi, termasuk kulit.

Anda mungkin mengalami jerawat ringan pada awalnya, tapi hal tersebut akan segera diganti dengan kulit bercahaya yang sehat. (fny/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Terungkap! Ini Rahasia Kesehatan Orang Skandinavia


Redaktur : Adil
Reporter : Adil, Fany

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler