Nadal Tampak Masih Kesulitan

Rabu, 24 November 2010 – 20:20 WIB
LONDON - Usaha Rafael Nadal untuk menaklukkan turnamen akhir tahun ATP (Asosiasi Tenis Pria) World Tour Finals menemui jalan terjalDia harus berusaha keras untuk melewati laga perdana dengan kemenangan

BACA JUGA: Tunggu Kaka, Real Absen Belanja

Nadal harus mengalami kekalahan di set pertama sebelum menundukkan petenis Amerika Serikat (AS) Andy Roddick, 3-6, 7-6 (5), 6-4, kemarin (23/11) dinihari WIB.

Roddick membuat Nadal terdesak hingga  set kedua dalam laga yang berlangsung di O2 Arena, London, Inggris, itu
Bahkan, Roddick nyaris membuat nadal merasakan trauma di turnamen akhir tahun seperti tahun lalu, ketika dia harus pulang tanpa satu pun kemenangan.

Laga melawan Roddick adalah laga perdana Nadal setelah absen dari lapangan selama lima pekan

BACA JUGA: Indonesia v Taiwan: Pembuktian Diri

Itu disebabkan dia harus menjalani masa istirahat akibat cedera bahu
Tak urung, hal itu membuat Nadal belum langsung menemukan ritme permainan seperti yang ditunjukkannya kala menjuarai tiga dari empat grand slam tahun ini.

"Saya sedikit beruntung malam ini

BACA JUGA: MU Bakal Pertahankan Duo Veteran

Saya memulainya dengan sedikit nervous setelah lima pekan tak bertanding dan membuat banyak kesalahanSaya nyaris kalah tetapi hal positif datang dan saya bermain bagus sehingga meningkatkan kekuatan mental saya," kata Nadal seperti dikutip AFP.

Nadal mengakui, kesulitan di laga pertama itu akan membuatnya lebih tangguh di laga berikutnyaDia masih akan menghadapi Tomas Berdych (Republik Ceko) dan Novak Djokovic (Serbia) di Grup A"Saya dapat bermain dengan lebih tenang pada pertandingan berikutnya dan meski nanti saya kalah, saya masih berpeluang maju ke semifinal," ujarnya.

Sebenarnya Roddick melangkah ke laga tersebut dengan modal yang besarDi pertemuan terakhir melawan Nadal, yaitu di semifinal Miami Masters, April laluTapi, kali ini dia kesulitan mempertahankan ritme permainan justru di saat-saat menentukan.

"Saya bermain agresif dan saya kira saya berhasil membuat kejutan pada lawan sayaDia akhirnya bermain tidak tenangDia juga kehilangan banyak bola pada akhirnya," ujar Roddick"Bedanya, dia bisa memperbaiki itu di set kedua dan ketigaPukulannya lebih baik, bahkan servis keduanya juga terlalu baik," lanjutnya.

Nadal kandas pada penyisihan grup tahun lalu, kalah dalam tiga pertandingan dan ketika itu ia mengaku permainannya amat menurunDi pertandingan berikutnya, dia akan menghadapi Djokovic yang tahun lalu juga mengalahkannya di fase grup.

Keterpurukan di akhir tahun 2009 itu seakan tak tampak di 2010Dia bangkit lagi dalam 12 bulan terakhir, setelah memenangi Prancis Terbuka dan Wimbledon, Nadal mengangkat pertama kalinya piala AS Terbuka, September lalu, dan naik kembali ke urutan teratas ATPKali ini, dia berupaya mengangkat tropi turnamen tutup tahun untuk pertama kalinya juga(ady)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Sanksi Tiga Laga buat Etoo


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler