Naik Tipe A, Polda NTT Dipimpin Bintang Dua

Selasa, 14 Maret 2017 – 08:24 WIB
Kapolda NTT, Brigjen Pol Agung Sabar Santoso. FOTO: Timor Express/JPNN.com

jpnn.com, KUPANG - Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB), Asman Abnur sudah mengeluarkan surat ke Kapolri soal kenaikan status dan tipe Polda NTT dari Polda Tipe B ke Tipe A.

Terkait dengan peningkatan tipelogi Polda NTT tersebut, Kapolda NTT, Brigjen Pol Agung Sabar Santoso berharap seluruh jajarannya dapat meningkatkan kualitas dan kuantitas pelayanan.

BACA JUGA: Anda Gampang Menangis? Jangan Baca Berita Ini

Menurutnya, pihaknya sudah menerima surat pemberitahuan dari Men PAN-RB. Surat tersebut akan diikuti dengan surat keputusan Kapolri soal kenaikan status dan akan ada acara pengukuhan.

“Kita belum mengetahui apakah Wakapolri atau Kapolri yang mengukuhkan, namun akan diikuti dengan strukturnya,” ujar jenderal bintang satu ini di Mapolda NTT, Kupang, Senin (13/3).

BACA JUGA: Korban Banjir Bandung Dapat Perhatian Khusus Presiden

Polda NTT sendiri sudah siap menerima perubahan namun dituntut peningkatan kinerja karena dievaluasi Men PAN-RB. Kapolda pun meminta jajarannya agar dengan peningkatan tipe Polda maka pelayanan harus meningkat pula.

Soal personel dan sumber daya manusia (SDM), Kapolda menegaskan tergantung kemampuan keuangan negara. Tetapi yang paling penting adalah peningkatkan kualitas dan kuantitas pelayanan.

BACA JUGA: Jalasenastri AAL Melaksanakan Donor Darah

Mantan Kapolda Sulawesi Tenggara (Sultra) itu menjelaskan, kenaikan status Polda akan diikuti dengan kenaikan pangkat Kapolda menjadi Irjen dan Wakapolda menjadi Brigjen.

Selain itu, Kabid Humas, Kabid TI, Kabid Propam, Kabid Dokkes, Kabidkum dan Ka SPN naik jadi AKBP menjadi Kombes. Sedangkan eselon para direktur lingkup Polda NTT pun ikut naik dan memudahkan mengikuti pendidikan Lemhanas.

Kapolda bertekad dengan keputusan ini maka pelayanan pada masyarakat dilakukan maksimal dan menekan Kamtibmas.

Soal kabupaten yang belum memiliki Polres, Kapolda mengatakan akan disesuaikan dengan keuangan negara. Namun, sebagai langkah awal maka akan meningkatkan Polsek rural menjadi Polsek urban dan Kapolsek dijabat Kompol senior.

Kenaikan status Polda NTT ini juga diapresiasi dua mantan Kapolda NTT dan Danrem 161/Wira Sakti.

Mantan Kapolda NTT, Brigjen Pol (Purn) Antonius Bambang Suedi mengucapkan selamat untuk Kapolda NTT dan jajarannya atas peningkatan status menjadi tipe A.

Sementara mantan Kapolda NTT lainnya, Brigjen Pol E. Widyo Sunaryo berharap semoga dengan kenaikan ini dapat semakin memenuhi harapan masyarakat akan rasa aman dan tentram. Serta mampu memperbesar kontribusi Polri dalam memacu pembangunan di NTT.

Danrem 161/Wira Sakti, Brigjen TNI Teguh Mudji Angkasa merasa bangga atas kenaikan status tersebut dan berharap kinerja Polda NTT semakin baik. Ketua Peradi Kupang, Philipus Fernandez juga menyampaikan proficiat atas peningkatan tipe Polda NTT.

Ia berharap peningkatan tipe tersebut harus diimbangi dengan peningkatan kualitas SDM, terlebih kualitas penyidik dalam penanganan perkara. “Harus diimbangi dengan peningkatan kualitas SDM, sehingga mampu bekerja professional dan memberikan pelayanan yang prima,” ucap Philipus.(joo/ito)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Kabupaten Ini Paling Banyak Kirim TKI


Redaktur & Reporter : Friederich

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag
Polda NTT  

Terpopuler