Nana Sudjana Ungkap Prestasi Pemprov Jateng di Momentum HUT RI, Ekonomi Tumbuh 4,92%

Sabtu, 17 Agustus 2024 – 13:41 WIB
Pj Gubernur Jawa Tengah Nana Sudjana memimpin upacara peringatan HUT ke-79 RI di Lapangan Pancasila, Simpang Lima, Semarang, Sabtu, 17 Agustus 2024. Foto: Pemprov Jateng

jpnn.com, SEMARANG - Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Tengah Nana Sudjana mengajak masyarakat memaknai peringatan Hari Ulang Tahun ke-79 Republik Indonesia dengan penuh semangat dan motivasi.

Pernyataan itu disampaikan Nana seusai memimpin Upacara Peringatan HUT ke-79 RI di Lapangan Pancasila, Simpang Lima, Semarang, Sabtu, 17 Agustus 2024.

BACA JUGA: Tok, Tok, Pemprov Jateng-DPRD Sepakati KUA & PPAS APBD 2025

Nana mengatakan tema kemerdekaan "Nusantara Baru, Indonesia Maju" mencerminkan tekad membawa Indonesia ke level yang lebih tinggi dalam berbagai aspek kehidupan.

"Dengan Nusantara Baru, kita harapkan bahwa Indonesia ke depan, (mencapai) Indonesia Emas 2045, tentunya dengan semangat dan motivasi baru," tuturnya yang mengenakan pakaian beskap adat Jawa.

BACA JUGA: Pj Gubernur Jateng Menggelar Wayang Kulit Semar Kembar-Sembadra Larung

Seiring dengan 79 tahun kemerdekaan Indonesia, Nana membeberkan Provinsi Jawa Tengah terus berupaya meningkatkan capaian pembangunan demi mensejahterakan masyarakat.

Terbukti dengan ekonomi Jawa Tengah pada semester 1 tahun 2024 tumbuh sebesar 4,92% (year on year). Diikuti turunnya angka pengangguran, dari 5,13% pada Agustus 2023 menjadi 4,39% pada Februari 2024. Persentase penduduk miskin turun dari 10,77% pada Maret 2023 menjadi 10,47% pada Maret 2024.

BACA JUGA: Fakta Baru Kasus Video Porno Audrey Davis, Pemeran Pria dan Lokasi

Selain itu terjadi penurunan di angka Kemiskinan Ekstrem, dari 1,97% di tahun 2022 menjadi 1,11% pada tahun 2023. Prevalensi stunting berdasarkan Survei Kesehatan Indonesia (SKI), turun dari 20,8% di tahun 2022 menjadi 20,7% di tahun 2023.

"Alhamdulillah pertumbuhan ekonomi berjalan cukup baik," kata dia.

Dikatakan dia, upaya untuk menyejahterakan masyarakat tidak bisa dilakukan oleh pemerintah sendiri, tapi butuh sinergi dengan instansi-instansi terkait.

Dari berbagai capaian pembangunan Jawa Tengah, berbagai penghargaan pun diraih. Di antaranya penghargaan insentif fiskal atas kinerja baik dalam menurunkan angka stunting dan Insentif Fiskal Kategori Kemiskinan Ekstrem.

Kemudian Digital Government Award dengan Indeks Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) Tertinggi, Badan Publik Informatif Terbaik Nasional enam kali berturut-turut dan Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) Berkinerja Terbaik se-Jawa Bali Tahun 2024.

Di kesempatan itu, Nana juga menyinggung persiapan pelaksanaan pilkada.

Sampai saat ini situasi Jateng dinilai kondusif. Pemprov bersama TNI, Polri, KPU, dan Bawaslu, sampai ke tingkat kabupaten/ kota, sudah siap melaksanakan Pilkada. Kesiapan tersebut termasuk salah satunya pemantauan wilayah rawan.

"Kita terus petakan, kerawanan-kerawanan yang akan terjadi. Dalam hal ini kita siap melaksanakan dan menyelesaikan berbagai persoalan yang mungkin akan terjadi," tegasnya.

Nana mengatakan sosialisasi juga terus dilakukan. Pihaknya berkolaborasi dengan banyak pihak, seperti partai politik, tokoh agama dan tokoh masyarakat, agar pilkaa dapat berjalan sukses.

Seusai melaksanakan upacara HUT ke-79 RI tingkat provinsi, Pj Gubernur Jateng beserta istri dan Forkopimda menyaksikan pelaksanaan upacara detik-detik Kemerdekaan RI di IKN Kalimantan Timur secara virtual di Gedung Gradhika Bhakti Praja Semarang. (jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Jokowi, Pecat Saja Kepala BPIP, Enggak Ada Gunanya


Redaktur & Reporter : Rah Mahatma Sakti

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler