Nasihat Bang Muda, ASN Harus Menyingkirkan Ego Sektoral

Selasa, 28 Desember 2021 – 01:17 WIB
Bupati Kubu Raya Muda Mahendrawan (ANTARA/Rendra Oxtora)

jpnn.com, KUBU RAYA - Bupati Kubu Raya, Kalimantan Barat, Muda Mahendrawan memberikan nasihat kepada para aparatur sipil negara (ASN) di kabupaten yang dipimpinnya. 

Bang Muda, panggilan akrab Muda Mahendrawan, meminta para ASN menyingkirkan ego sektoral dalam menjalankan tugas.

BACA JUGA: Ini Pesan Komjen Andap untuk 4.558 CPNS Kemenkumham

Dia mengingatkan ASN supaya bergerak bersama-sama dalam menjalankan roda pemerintahan untuk menyejahterakan masyarakat.

"Saya berharap agar setiap dinas dan lembaga yang ada di Kubu Raya bisa berjalan bersama menjalankan roda pemerintahan dengan membuang jauh-jauh ego sektoral," katanya saat melantik puluhan pejabat eselon III dan IV dan non-eselon di Sungai Raya, Kubu Raya, Kalbar, Senin (27/12).

BACA JUGA: Bupati Sigi Bakal Sanksi ASN dan Honorer yang Tak Mau Ikut Vaksinasi 

Menurut Bang Muda, tujuan dibentuknya satuan kerja perangkat daerah (SKPD) atau dinas dan lembaga pemerintahan itu sama, yakni melayani masyarakat.

Oleh karena itu, Bang Muda menegaskan jangan sampai ada ego sektoral di antara dinas atau lembaga. 

BACA JUGA: Riza Patria: ASN DKI Dilarang Bepergian Selama Libur Natal dan Tahun Baru

"Karena kita harus bergerak bersama agar masyarakat merasakan keberadaan pemerintah di tengah mereka," ujarnya. 

Dia mengatakan untuk melayani masyarakat Kubu Raya yang lebih dari 600 ribu jiwa, jumlah ASN yang ada saat ini jelang masih sangat kurang.

Untuk itu, ujar dia, harus bisa memaksimalkan semua sumber daya yang ada, agar pelayanan masyarakat bisa tetap maksimal. 

“Karena kalau kita harus menyesuaikan jumlah ASN dengan masyarakat, jelas akan sangat kurang," katanya.

Pada kesempatan tersebut, Muda berpesan agar para ASN di Kubu Raya bisa menjalankan kewajibannya sesuai dengan pilihan hidup mereka saat melamar menjadi abdi negara.

"Karena menjadi ASN adalah pilihan, maka jalankan kewajiban yang telah anda pilih. Berikan yang terbaik untuk masyarakat dan daerah ini, agar kita bisa bersama-sama menggerakkan roda kehidupan masyarakat dengan lebih baik," katanya.

Lebih lanjut dia mengatakan pelantikan pejabat eselon III dan IV serta non-eselon di Pemkab Kubu Raya adalah untuk menyesuaikan perubahan regulasi yang terjadi di tingkat kementerian pusat.

"Pagi ini kita melaksanakan pelantikan untuk ASN fungsional di sejumlah dinas, karena regulasi yang berubah dari kementerian terkait," katanya.

Selain melakukan penyesuaian regulasi yang ada, pelantikan tersebut juga diharapkan dapat memaksimalkan kinerja setiap dinas yang ada dalam mempercepat layanan kepada masyarakat.

"Di era digitalisasi saat ini, kita semua dituntut untuk bergerak cepat, khususnya dalam melayani masyarakat. Untuk itu, dari pelantikan ini diharapkan semua ASN di Kubu Raya bisa menjalankan kewajiban yang telah diberikan kepadanya dengan baik," katanya. (antara/jpnn)


Redaktur & Reporter : Boy

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler