Naturalisasi Pemain Bakal Dihentikan

Senin, 23 September 2013 – 19:42 WIB

jpnn.com - JAKARTA--Menpora Roy Suryo memberikan apresiasi yang besar terhadap Timnas Indonesia U-19 yang berhasil menjadi juara pada Kejuaraan Federasi Sepakbola ASEAN (AFF) 2013.

Hal ini, kata Roy, memperkuat keinginannya untuk mengurangi hadirnya pemain naturalisasi .

BACA JUGA: Selalu Menang, Performa Napoli Baru 73 Persen

"Saya sejak awal mencoba mengurangi naturalisasi atau bahkan memberhentikan naturalisasi. Kita lebih baik melatih ikan-ikan menjadi ahli semua, daripada di kolam itu kita masukan ikan ahli tetapi ikan yang lain tidak jadi ahli," kata Roy di kompleks Istana Negara, Jakarta, Senin, (23/9).

Roy berpendapat pemain sepakbola Indonesia sama berbakatnya dengan pemain naturalisasi. Hanya diperlukan latihan yang lebih fokus lagi untuk memperkuat timnas. Menurutnya, pemain naturalisasi cenderung disibukkan dengan kegiatan di luar bidang sepakbola, dibanding fokus berlatih.

BACA JUGA: Januar Bersinar, Satya Wacana Berkibar

"Naturalisasi itu hanya ngetop 1-2 tahun saja setelah itu jadi bintang iklan, belum lagi kasus-kasus, karena mereka merasa sudah menjadi superstar, dan tidak ada efeknya bagi teman-teman yang lain," cetus Roy.

Roy berharap Timnas Indonesia terus memperkuat kemampuannya untuk bertanding dengan negara-negara lain. Pembinaan, kata dia, akan terus dilakukan agar melahirkan pemain-pemain yang handal. (flo/jpnn)

BACA JUGA: Soal Juara, Vettel Pilih Pijakkan Kaki di Bumi

 

BACA ARTIKEL LAINNYA... Ini Kunci Sukses Reina Gagalkan Penalti Balotelli


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler