Ngemplang Pajak, HS Dimasukkan ke Nusakambangan

Jumat, 24 Maret 2017 – 16:04 WIB
Nusakambangan. Ilustrasi Foto: Ist/dok.JPNN.com

jpnn.com, BANDUNG - Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Jawa Barat I melakukan tindakan tegas terhadap seorang pengusaha asal Jabar berinisial HS.

HS dijebloskan ke penjara di Lembaga Pemasyarakatan (LP) Batu, Nusakambangan, Jawa Tengah, lantaran mengemplang pajak sebesar Rp 6 miliar.

BACA JUGA: Target Rp 42,6 Triliun, Realisasi Pajak Baru 15 Persen

Kepala Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Jawa Barat I, Yoyok Satioutomo mengatakan,
sebetulnya ada enam orang yang sedang dibidik dan segera akan dihukum serupa.

Hanya saja, lima orang di antaranya langsung mengurus pembayaran pajak dan kerugian negara dengan nilai rata-rata Rp 1 miliar.

BACA JUGA: Ditutup 31 Maret, Baru 50 Persen WP Lapor SPT

"Yang lima takut, jadi langsung membayar. Nah, yang satu itu bandel. Bahkan dia mengajak orang lain untuk tidak membayar pajak," ujarnya saat ditemui di Gedung Sate, Jalan Diponegoro, kemarin.

Alasan pemilihan LP Batu, Nusakambangan karena LP Kebonwaru dianggap terlalu nyaman, sekaligus untuk memberikan efek jera.

BACA JUGA: Google Akhirnya Bersedia Bayar Tunggakan Pajak

Gubernur Jawa Barat, Ahmad Heryawan mengimbau masyarakat untuk taat pajak. Pasalnya, hasil dari pajak akan digunakan sebagai dana pembangunan.

Anggaran dari pemerintah pusat berupa dana alokasi umum (DAU) dan dana alokasi khusus (DAK), 54 persennya didapat dari pajak.

"Hasil dari pajak juga termasuk dana yang ada di Provinsi sebagai PAD, dana kabupaten/kota yang jadi PAD itu dari pajak. pajak ini tulang punggung belanja negara dan daerah," terangnya, seperti diberitakan Radar Bandung (Jawa Pos Group).

Untuk diketahui, penerimaan pajak untuk wilayah jabar I, meliputi daerah Bandung Raya ditambah Sukabumi dan Cianjur tahun 2016 lalu sebesar Rp 26,8 triliun dari target sebesar Rp 30 triliun.

Tahun ini, Pemerintah Provinsi Jabar dan lembaga pengelolaan pajak menargetkan penerimaan pajak sebesar Rp 29 triliun untuk wilayah Jabar I. (bbb)

 

BACA ARTIKEL LAINNYA... Mabesal Sosialisasi Laporan Pajak Berbasis Elektronik


Redaktur & Reporter : Soetomo

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag

Terpopuler