Nilai Tertinggi USBN SD 2019 tak Lagi Didominasi Sekolah Favorit

Rabu, 12 Juni 2019 – 18:08 WIB
Siswa SD. Ilustrasi Foto: JPG/dok.JPNN.com

jpnn.com, SIDOARJO - Nilai USBN SD (Ujian Sekolah Berstandar Nasional tingkat Sekolah Dasar) 2019 diumumkan hari ini (12/6).

Diketahui, di Sidoarjo peserta USBN 2019 sebanyak bagi 27.431 siswa di 550 sekolah dasar.

BACA JUGA: Kadispendik Minta Pungutan Uang Komputer UNBK Jangan Jadi Beban

Dari hasil USBN tersebut, diketahui peringkat siswa dan sekolah dengan perolehan nilai terbaik tak lagi didominasi sekolah favorit di tengah kota.

Sekolah dengan perolehan rata-rata terbaik di peringkat pertama dipegang oleh SDN Pagerngumbuk 2 dengan total nilai 296.

BACA JUGA: Guru Swasta Keberatan USBN Pakai Android

Disusul SDN Wonokalang pada peringkat kedua dengan total nilai 295,98 dan SDN Gelam 2 di peringkat ketiga dengan total nilai 294,01.

Selain itu, siswa dengan perolehan nilai terbaik didominasi nilai kembar. Satu siswa dari SDN Sepande memperoleh nilai tertinggi dengan total 298,6. Untuk peringkat dua hingga enam nilai kembar dengan nilai 298.

BACA JUGA: Nilai USBN Jeblok di Wilayah Pegunungan

BACA JUGA: Hal Penting yang Perlu Diketahui Pendaftar SBMPTN 2019

Kepala Bidang Sekolah Dasar Dikbud Sidoarjo Bambang Eko Wiroyudho mengatakan, hasil USBN yang bagus merata di semua sekolah. Artinya kejujuran siswa dalam mengerjakan USBN sangat tinggi.

“Itu membuktikan, bahwa semua sekolah favorit. Tergantung muridnya saja, jika mau belajar, hasilnya juga bagus,” ujarnya.

Tidak hanya itu, menurut dia ada beberapa faktor pendukung lain. Seperti kemampuan belajar murid, latihan USBN melalui beberapa kali try out yang diadakan Dikbud ataupun sekolah secara mandiri.

Juga ditambah dengan upaya guru untuk memberikan materi yang ikut mempengaruhi hasil USBN siswa. Sebab, guru yang mengajar siswa kelas enam merupakan guru pilihan dari Dikbud.

“Mereka semua pilihan. Ketika ditunjuk ada yang bersedia, ada yang tidak. Alasannya tanggung jawabnya lebih besar,” imbuhnya.

Sebelumnya, USBN SD dilaksanakan pada 22 hingga 24 April lalu. Mengujikan tiga mata pelajaran yakni Bahasa Indonesia, Matematika, dan IPA. Soal USBN tersebut terdiri dari pilihan ganda dengan bobot nilai 75 persen dan uraian sebesar 25 persen.

BACA JUGA: PPDB 2019: Nilai UN Tinggi Dapat Kuota 20 Persen

Siswa mendapat dua lembar jawaban, yaitu lembar jawaban komputer (LJK) untuk pilihan ganda dan lembar jawaban khusus uraian. (sb/jpg/jay/JPR/JPC)

BACA ARTIKEL LAINNYA... SNMPTN tak Pakai Nikai USBN dan UN, Begini Respons Rektor


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler