Nunun Rentan Diracun

Rabu, 14 Desember 2011 – 08:43 WIB

JAKARTA– Meringkuknya tersangka kasus suap cek pelawat Nunun Nurbaeti di Rutan Pondok Bambu bukanlah tanpa persoalanTersangka yang diyakini dapat membongkar asal usul uang dan keterlibatan pelaku lainnya ini sangat rentan diracun melalui makanan.

Pengamat intelejen Wawan Purwanto mengakui peran Nunun dalam kasus suap cek pelawat ini sangat strategis

BACA JUGA: Selektif Menunjuk PNS Menjadi Bendahara

Dari keterangan tersangka itu diharapkan terbuka berbagai fakta baru
Sebab, Nunun bukanlah pelaku tunggal dalam kasus tersebut

BACA JUGA: Gaji TKI PRT di Saudi Melambung

’’Saya melihat ada donatur atau sponsor yang mendanai pemberian cek kepada sejumlah anggota dewan
Ini kan berarti ada orang atau kelompok orang yang mendanai tindakan Nunun,’’ ujar Wawan Purwanto di kantornya di Jakarta, kemarin

BACA JUGA: Parade Nusantara Mengaku Dukung SBY Sejak Pilpres 2004



Apalagi, sambung dia, uang yang dikucurkan itu sangat besarDengan nominal Rp 24 miliar ditambah ongkos yang didapatkan tersangka sebesar Rp 1 miliarJumlah itu tidak mungkin dikucurkan dari satu donatur.

Dia meyakini selama di pemeriksaan nanti tersangka tak mungkin menutup-nutupi kenyataanNunun sangat berpeluang membeberkan semua keterangan kepada penyidikSebab, Nunun tak ingin berada dalam tahanan sendirian’’Dari bobot kasusnya inilah yang menempatkan tersangka perlu dimonitoring secara ketatAgar tidak ada upaya dari kelompok lain yang mengancam keselamatan Nunun,’’ pungkas mantan anggota tim sosialisasi perjanjian Helsinki ini.

Terkait persoalan itulah, dia mengatakan penempatan Nunun pada sel yang sama dengan tahanan lain memang cukup idealSesuai keinginan masyarakat, agar tahanan korupsi tidak mendapatkan perlakuan khusus’’Namun dalam perkara yang dihadapi tersangka, perlu ada pemikiran lainYakni menjaga keselamatan Nunun selama di tahanan,’’ tegas dia.

Lebih lanjut dia mengkhawatirkan tingkat keamanan itu lemah pada item makananPemberian makanan yang sama dengan tahanan lain, membuat keamanan Nunun cukup terbukaBerpeluang adanya upaya dari kelompok yang tak menginginkan tersangka membeberkan keterangan.

Menurutnya keamanan yang diterima Nunun tidak sebatas pada fisiknyaTetapi pada semua kondisi selama berada di tahananNunun harus terjaga baik sampai di persidanganAgar dapat mengungkapkan benyak fakta baru’’Saya memang tak mengucilkan petugas keamanan di Rutan BambuTapi lebih teliti dalam persoalan makanan dan lainnya,’’ ucapnya.

Wawan menambahkan KPK perlu memastikan keselamtan tahanannyaKarena sampai saat ini Nunun merupakan tahanan KPK yang ditempatkan di rutan Pondok BambuArtinya setiap kejadian yang dialami Nunun dapat pula menyerang KPK.

Dengan begitu, ujar dia, banyak sekali celah yang dapat digunakan kelompok tertentu untuk menghalangi penyidikan perkara iniTargetnya cukup jelas, yakni membuat kasus ini tidak berkembang dan berlanjut pada kelompok tersebut(rko)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Penangkapan Nunun Bukan Operasi Interpol


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler