Hendak Masuk ke Mobil Tahanan, Eko Darmanto Mengaku Sudah Bocorkan ke KPK, Apa Itu?

Sabtu, 09 Desember 2023 – 09:28 WIB
Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menahan eks pejabat di Kemenkeu Eko Darmanto, Jumat (8/12) malam. Foto: Source for JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Mantan pejabat di Kementerian Keuangan (Kemenkeu) Eko Darmanto menyebut banyak hal tidak benar dalam lembaganya. Eko menyebut dirinya menjadi korban lantaran kerap mengungkap hal-hal yang tidak benar itu.

Hal itu diungkapkan tersangka kasus dugaan penerimaan gratifikasi itu sesaat memasuki mobil tahanan KPK, di Gedung KPK, Jakarta, Jumat (8/12) malam.

BACA JUGA: Eko Darmanto Dijebloskan KPK ke Sel Tahanan, Kasusnya Gratifikasi Rp18 Miliar

Eko mengeklaim melakukan aksi pamer harta kekayaan dan hidup mewah merupakan ulah orang dalam lantaran dirinya banyak mengungkap hal-hal yang tidak benar itu.

"Saya yang paling banyak mengungkap hal-hal yang tidak benar yang terjadi," ungkap Eko.

BACA JUGA: Wahai Irwan Mussry, Berapa Suap yang Diberikan kepada eks Pejabat Kemenkeu Eko Darmanto?

Eko mengaku telah mengungkap dugaan permainan terkait impor emas. Saat ini, lanjut Eko, juga diduga terjadi penyeludupan gula yang berpotensi merugikan negara.

"Ada sembilan orang yang sudah masuk penjara, bekerja sama dengan kejaksaan, kejaksaan minta tolong saya, termasuk kasus yang paling besar yang Anda ketahui, kasus emas. Di belakangnya saya. Dan pun sekarang terjadi penyeludupan gula. Dua tahun kerugian negara Rp 1,2 triliun," ujar Eko.

BACA JUGA: Seusai Diperiksa KPK, Irwan Murssy Mengaku Lupa Hubungannya dengan Eko Darmanto

Namun Eko enggan mengungkap siapa pemain itu. Dia juga bungkam mengenai keterlibatan pejabat.

"Saya tidak bisa komentar. Biar saja nanti penyidik yang mendapatkan," imbuh Eko.

Yang jelas, kata Eko, dirinya sudah menyampaikan dugaan permainan kotor kepada penegak hukum. Eko berharap adanya keadilan lantaran dugaan permainan itu merugikan keuangan negara.

"Bisa jadi. Karena sampai sekarang pun anda lihat kasus emas pun masih bergulir, mudah-mudahan keadilan ada di situ karena kerugian negara sangat besar. Dan masih banyak kasus-kasus lain, tadi sudah saya sampaikan ke penyidik di dalam," tandas Eko.

Eko hari ini langsung dijebloskan ke jeruji besi Rutan KPK seusai menjalani pemeriksaan dalam kapasitasnya sebagai tersangka. Dalam perkaranya, Eko diduga menerima gratifikasi sejak 2009 hingga 2023 dengan total Rp 18 miliar.

Eko diduga menerima gratifikasi dengan disamarkan melalui sejumlah pihak keluarga. Selain itu disamarkan melalui sejumlah perusahaan yang terafiliasi dengan Eko, di antaranya perusahaan yang bergerak di bidang jual beli motor Harley Davidson dan mobil antik.

Atas penerimaan berbagai gratifikasi tersebut, Eko tidak pernah melaporkan KPK pada kesempatan pertama setelah menerima gratifikasi dalam waktu 30 hari kerja.

Atas dugaan itu, Eko dijerat oleh KPK dengan Pasal 12B Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi sebagaimana telah diubah dengan Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2001 tentang Perubahan Atas Undang-Undang Nomor 31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi.

Dalam pengusutan kasus ini, KPK telah meminta pihak Imigrasi untuk mencegah Eko Darmanto dan tiga orang lainnya agar tidak bepergian ke luar negeri selama enam bulan ke depan. Ketiga orang lainnya yang juga dicegah, yakni Ari Muniriyanti Darmanto selaku Komisaris PT Ardhani Karya Mandiri yang juga istri tersangka Eko Darmanto, Rika Yunartika selaku Komisaris PT Emerald Perdana Sakti, dan Ayu Andhini selaku Direktur PT Emerald Perdana Sakti.

Selain itu, KPK juga telah melakukan penggeledahan di kediaman Eko Darmanto dan beberapa pihak lainnya di Tangerang Selatan, Depok Jawa Barat, dan Jakarta Utara beberapa waktu lalu. Dari penggeledahan itu, KPK mengamankan beberapa kendaraan mewah, baik kendaraan roda dua maupun kendaraan roda empat, serta berbagai tas mewah, dan dokumen. (Tan/JPNN)

Yuk, Simak Juga Video ini!

BACA ARTIKEL LAINNYA... Geledah Rumah Eko Darmanto dan Istri, KPK Sita Mobil Mewah


Redaktur & Reporter : Fathan Sinaga

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag

Terpopuler