Oalah! Kapal Tanker yang Meledak Itu tak Kantongi Izin Docking

Sabtu, 19 November 2016 – 03:10 WIB
Polisi tengah olah TKP di lokasi kapal tanker yang meledak. Foto: dokumen JPNN

jpnn.com - BATAM - Kapal Tanker MT. Nona Tang II yang meledak di Pelabuhan Pantai Stres Batuampar atau Pelabuhan Bintang 99 ternyata tidak mengantongi izin aktivitas di lokasi. 

Sebab, kapal ini hanya mengantongi izin olah gerak pada 24 Oktober lalu dari perairan Sekupang.

BACA JUGA: Sudah Jadi Kepala BPN Kok Masih Nyabu, Ya Gini Deh

Kasat Rekrim Polresta Barelang, Kompol Memo Ardian mengatakan sejauh ini pihaknya telah memeriksa 10 anak buah kapal (ABK). 

Dari pemeriksaan, kapal tersebut berlayar dari perairan Sekupang menuju Pelabuhan Bintang 99.

BACA JUGA: Bukannya Belajar, 2 Siswa Ini Malah Jadi Maling Motor

"Jadi izin kapal ini hanya olah gerak. Sedangkan untuk aktivitas docking kapal harus ada izin," ujar Memo seperti diberitakan batampos (Jawa Pos Group) hari ini.

Memo menjelaskan para ABK tak mengetahui dan tengah menyelidiki pemilik kapal ini. Sejak bersandar, kapal tersebut dikerjakan dan diperbaiki oleh pekerja subcon dari CV Roda Mas.

BACA JUGA: Sontoloyo! Ayah Suruh Anak Jualan Narkoba

"Dari ABK tidak ada mengerjakan apa-apa. Di kapal ini ada subcon yang mengerjakan pengelasan," terangnya.

Untuk penyelidikan kasus ini, sambung Memo, pihaknya membentuk 3 tim yang terdiri dari Reskrim Polresta Barelang, Pol Air serta KKP. Termasuk pemeriksaan dari tim Labfor Mabes Polri Cabang Medan.

"Kita akan menyelidiki siapa pemiliknya. Sampai sekarang tidak ada yang mengaku. Pekerjanya juga belum bisa dimintai keterangan," tuturnya.

Informasi yang didapatkan, kapal ini sempat mengangkut minyak mentah dari perairan Karimun. Kemudian bersandar di Pelabuhan Bintang 99 pada 26 Oktober.

"Keterangan sementara para ABK, mereka hanya mengangkut BBM," papar Memo.

Sementara itu, Komandan Kesatuan Penjagaan Laut dan Pantai (KPLP) Batam, A. Tanjung mengatakan dari pemeriksaan awal, kapal tersebut tanpa memiliki izin dan dokumen pelayaran. "Setau saya tidak ada dokumennya," ujarnya singkat.

Seperti diberitakan sebelumnya, Kapal Tanker MT. Nona Tang II yang bersandar di Pelabuhan Pantai Stres Batuampar meledak dan terbakar, Rabu (16/11) siang sekitar pukul 13.45 WIB. 

Ledakan ini terjadi saat pekerja tengah memperbaiki kapal. Diduga saat pengerjaan, percikan api mengenai minyak dan gas di dalam.

Akibat ledakan ini, kapal dengan nomor lambung 7206627 Jakarta ini hancur pada bagian lambung. Sementara 1 orang pekerja tewas di lokasi, 3 pekerja lainnya kritis dan dievakuasi ke RSAB dan RSHB. (opi/ray/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Wanita Muda Tenteng Kresek, Ada Kaki Nongol, Ternyata Bayi


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler