Obama Kembali Rebut Posisi Puncak

Daftar Tokoh Paling Berpengaruh di Dunia

Jumat, 04 November 2011 – 08:28 WIB

WASHINGTON - Majalah Forbes kembali memeringkat tokoh-tokoh paling berpengaruh di duniaTahun ini, Presiden Amerika Serikat (AS) Barack Obama mengulang sukses 2009 saat berhasil menduduki posisi puncak.

Posisi presiden 49 tahun tersebut sempat digeser Presiden Tiongkok Hu Jintao tahun lalu

BACA JUGA: Penjara Seumur Hidup Jerat WNI asal Sulsel

Namun, keberhasilan operasi pasukan khusus Angkatan Laut US Navy SEALS yang menewaskan pimpinan Al Qaeda Osama bin Laden di Abottabad, Pakistan, Mei lalu kembali mendongkrak posisinya.

Tahun lalu, pamor Obama meredup seiring dengan krisis ekonomi akibat resesi
Namun, dia tertolong sejumlah kesuksesan di bidang kebijakan luar negeri.

"Tentu, undang-undang ketenagakerjaannya yang payah, negosiasi plafon utang yang dicemooh banyak pihak, dan popularitasnya yang menurun membahayakan upayanya untuk maju lagi sebagai presiden pada pemilu tahun depan

BACA JUGA: WN Pakistan Palsukan Dokumen

Tapi, Obama kembali mendapatkan posisinya sebagai orang paling berpengaruh di bumi tahun ini," tulis Forbes seperti dikutip Agence France-Presse.

"Mengapa?" Sebab, meski mengalami kemunduran, AS tanpa diragukan lagi tetaplah negara terkuat di dunia
Dengan inovasi ekonomi terbesar dan kekuatan militer paling ampuh," tambahnya.

"Ditambah lagi, satu-satunya rival terkuat Obama, Presiden Hu Jintao, kehilangan pengaruhnya setelah meninggalkan posisi politiknya," lanjut Forbes

BACA JUGA: Hukum UNESCO, Israel Caplok Wilayah Palestina



Pertengahan November lalu, sebuah pertemuan empat hari Partai Komunis Tiongkok berlangsung di BeijingPertemuan tersebut sangat mungkin membahas persiapan transisi kepemimpinan Hu yang akan meninggalkan posisinya setelah kongres partai pada 2012Juga posisi Perdana Menteri (PM) Wen Jiabao yang akan habis masa jabatannya pada tahun berikutnya.

Dalam daftar tokoh paling berpengaruh 2011, Hu ditempatkan di posisi ketigaPada posisi kedua, Forbes menempatkan nama PM Rusia Vladimir Putin, yang berniat merebut kembali kursi presiden dari loyalisnya, Presiden Dmitry Medvedev

Di peringkat berikutnya, ada Kanselir Jerman Angela Merkel yang menempati posisi keempatMenyusul Direktur Microsoft Bill Gates, Raja Arab Saudi Abdullah, Paus Benediktus XVI, Kepala Bank Sentral AS Ben Bernanke, dan pendiri Facebook Mark Zuckerberg.

PM Inggris David Cameron memaku posisinya di nomor sepuluhDiikuti Presiden Partai Kongres Nasional India Sonia Gandhi, Presiden Bank Sentral Eropa Mario Draghi, dan Presiden Prancis Nicolas Sarkozy.

Di antara mereka yang keluar dari daftar pemeringkatan 70 orang paling berpengaruh di dunia adalah pendiri WikiLeaks Julian Assange dan mantan Direktur Pelaksana Dominique Strauss Kahn yang mundur akibat kasus pelecehan seksual.

Pembawa acara bincang-bincang Oprah Winfrey juga keluar dari daftar setelah pensiunDua tokoh lain yang juga tak masuk daftar karena meninggal adalah Steve Jobs dan OsamaPemimpin spiritual Tibet Dalai Lama turun dari posisi ke-12 ke peringkat ke-51 tahun ini setelah mengumumkan rencana pengunduran dirinya sebagai pemimpin tertinggi pemerintahan di pengasingan

Dua tokoh kriminal juga masuk dalam daftar rankingYang pertama adalah gembong kartel obat bius Sinaloa, Meksiko, Joaquin Guzman Loera yang berada di posisi ke-55Sementara tokoh organisasi kriminal Mumbai Dawood Ibrahim Kaskar berada di posisi ke-57(cak/c9/nw)
 
  10 Besar Tokoh Paling Berpengaruh Sejagat
 
  1Barack Obama (presiden AS)
  2Vladimir Putin (perdana menteri Rusia)
  3Hu Jintao (presiden Tiongkok)
  4Angela Merkel (kanselir Jerman)
  5Bill Gates (direktur Microsoft)
  6Raja Abdullah (raja Arab Saudi)
  7Paus Benediktus XVI
  8Ben Bernanke (kepala Bank Sentral AS)
  9Mark Zuckerberg (pendiri Facebook)
  10David Cameron (perdana menteri Inggris)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Boeing Mendarat Selamat tanpa Roda


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler