Obati Luka Bakar Ringan dengan 5 Cara Alami Ini

Jumat, 11 Oktober 2024 – 02:00 WIB
Ilustrasi kunyit. Foto: Laman MSN

jpnn.com, JAKARTA - ANDA mungkin tidak pernah dengan sengaja melukai jari dan tentu saja bisa menyebabkan sedikit rasa sakit.

Ambil contoh kecelakaan kecil di dapur. Kita sering melukai jari saat memotong sayuran atau tidak sengaja membakar jari saat memasak.

BACA JUGA: 6 Pengobatan Alami untuk Luka Bakar

Lalu apa yang kamu lakukan? Jalankan untuk pertolongan pertama, kan?

Praktik terbaiknya adalah selalu menyediakan antiseptik dan plester.

BACA JUGA: 3 Cara Alami yang Ampuh Hilangkan Bekas Jerawat

Namun, tahukah Anda, dapur memiliki beberapa bahan berharga yang bisa segera menyelamatkan kami?

Berikut ini penjelasannya, seperti dikutip laman Ndtv.com.

BACA JUGA: Mengalami Luka Bakar Akibat Setrika atau Knalpot, Jangan Lakukan 3 Hal Ini

1. Bubuk kunyit

Kunyit mungkin merupakan bumbu paling serbaguna di dapur Anda.

Ini membantu menambah warna pada makanan Anda, memiliki beberapa khasiat obat, dan telah digunakan dalam praktik medis tradisional sejak dahulu kala.

Tahukah Anda, kunyit juga bisa menjadi antiseptik untuk luka ringan dan luka bakar?

Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Expert Opinion Investigational Drugs, kurkumin dalam kunyit dianggap sebagai antiseptik ampuh yang membantu mengurangi peradangan, kemerahan, dan menenangkan area yang terkena, sehingga mengurangi rasa sakit.

Ini juga membantu menghentikan pendarahan dan mencegah infeksi lebih lanjut.

Yang perlu Anda lakukan hanyalah menyiapkan pasta dengan air panas dan kunyit, lalu oleskan dengan lembut pada area yang terkena.

2. Gula

Menurut sebuah penelitian di Southern Medical Journal, ditemukan bahwa gula mempercepat proses penyembuhan luka dengan mengurangi kontaminasi bakteri dan memberi nutrisi pada sel-sel permukaan.

Laporan lain di situs resmi Universitas Birmingham menyebutkan bahwa molekul gula yang bercampur dengan air menciptakan balutan padat yang mendinginkan sensasi terbakar pada kulit.

3. Madu

Menurut beberapa ahli, madu bekerja lebih baik daripada gula dalam mengobati luka.

Sebuah penelitian terbaru bertajuk 'Burns and Trauma' menyebutkan bahwa madu merupakan sumber ampuh sifat antiinflamasi, antibakteri, dan antijamur yang membantu mempercepat proses penyembuhan dengan mengurangi rasa sakit dan mengurangi peradangan.

4. Lidah buaya

Lidah buaya selalu dianggap bagus untuk kulit Anda. Ini membantu kulit tetap halus dan mengurangi stres oksidatif dalam sel.

Bersamaan dengan itu, sekelompok peneliti dari Thailand melakukan penelitian yang menunjukkan bukti bahwa lidah buaya merupakan cara alami yang efektif untuk menyembuhkan luka bakar tingkat satu, berkat sifat antiinflamasi yang menghambat pertumbuhan bakteri.

5. Air mengalir

Apakah jari Anda terluka saat memotong atau mengalami luka bakar saat menggoreng makanan, langkah pertama yang harus dilakukan adalah mencuci area yang terkena dengan air dingin yang mengalir.

Sebuah laporan di WebMD mempertimbangkan, membilas luka di bawah air mengalit membantu melonggarkan dan menghilangkan kotoran dan kotoran serta mencegah infeksi lebih lanjut.(fny/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Atasi Sembelit dengan 4 Cara Alami Ini


Redaktur & Reporter : Fany

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag

Terpopuler