OJK Ingin DP 0 Persen Pembelian Kendaraan, FIF: Bisa, Asal..

Kamis, 16 Agustus 2018 – 17:02 WIB
Pameran otomotif. (Foto: ridha/Jpnn)

jpnn.com, JAKARTA - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mengimbau kepada pelaku usaha pembiayaan agar memberikan Down Payment (DP) 0 persen setiap pembelian kendaraan bermotor.

Hal itu terkait rencana OJK menerbitkan aturan revisi POJK Nomor 29/POJK.05/2014 mengenai penyelenggaraan usaha perusahaan pembiayaan bulan ini.

BACA JUGA: Ikhtiar Misbakhun Bantu OJK Genjot Literasi Keuangan

Jika itu langsung diterapkan oleh OJK tanpa ada sosialiasi kepada pelaku usaha pembiayaan maka akan berisiko cukup tinggi.

Menurut Head of Corporate Communication FIF Group Arif Reza Fahlepi kepada JPNN.com, faktor risiko tetap harus diperhatikan. Penerapan DP 0 persen tidak boleh langsung diberlakukan oleh setiap pelaku industri pembiayaan.

BACA JUGA: OJK: 227 Fintech Ilegal, Separuh dari Tiongkok

"NPL (Non Performing Loan) rendah bisa jadi salah satu syarat untuk mendapatkan izin menjalankan DP 0 persen, khusus bagi konsumen yang repeat order dengan track record pembayaran yang bagus," tuturnya.

Tapi jika NPL konsumen tinggi, kata Reza, itu tidak bisa mengambil dengan DP 0 persen. Karena itu akan fatal bagi pelaku usaha pembiayaan.

BACA JUGA: OJK Sukses Menjaga Stabilitas Keuangan Nasional

Reza menyarankan jangan langsung diberlakukan secara lepas gitu saja. Karena para pelaku pembiayaan harus bisa mengatur keuangan agar tidak berisiko.

"OJK juga harus mempertimbangkan hal seperti itu. Mereka bisa mengeluarkan regulasi berarti mereka juga bisa mengatur agar NPL jangan sampai tinggi," imbuhnya.

FIF Group, lanjut Reza bisa saja memberikan DP 0 persen kepada konsumennya setianya. Kerana itu adalah sebagai bentuk apresiasi dari FIF Group kepada pelangganya.

"Kalau konsumen kami tidak ada masalah dan NPL-nya kecil itu pasti akan bisa dengan membeli kendaraan DP 0 persen. Itu karena kami sudah mengetahui performance dia seperti apa," tutupnya. (mg9/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Siap Terima Mandat OJK, BEI Rapikan Infrastruktur MTN


Redaktur & Reporter : Dedi Sofian

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag
DP 0 Persen   OJK   FIF Group   FIF  

Terpopuler