OKB, Kere di Saat yang Lain Kaya, Jatuh dan Kena Ambrukan

Oleh: Dhimam Abror Djuraid

Selasa, 14 September 2021 – 14:48 WIB
Ilustrasi - Pemulung memungut dan memilah sampah. Foto: ANTARA/Muhammad Zulfikar

jpnn.com - Sengsara membawa nikmat, selalu ada hikmah di balik bencana. Itulah yang terjadi di Indonesia sekarang ini.

Bencana pandemi yang membawa sengsara, ternyata ikut membawa berkah. Ketika jutaan orang menjadi kere, ternyata banyak yang malah menjadi kaya raya.

BACA JUGA: Mahfud MD Bercerita tentang Orang Kaya di Jatim Meninggal karena COVID-19, Aziz Yanuar: Biasa Saja

Ada yang sudah lama kaya dan menjadi lebih kaya raya karena pandemi. Ada yang kaya dadakan karena dalam beberapa bulan saja hartanya berlipat ganda sepuluh kali lipat.

Yang kaya dadakan ini layak disebut sebagai OKB alias orang kaya baru.

BACA JUGA: Orang Tajir Mengaku Miskin Bakal Ketahuan dari NIK, Ini Sebabnya

Yang masuk kategori orang tajir dadakan mungkin hanya beberapa gelintir orang saja.

Namun, ternyata ada jutaan orang yang juga menjadi OKB gegara pandemi.

BACA JUGA: Herlina jadi Orang Kaya, Setelah Membeli 3 Kendaraan, Kini Ada Rencana Lain

Jumlahnya tidak tanggung-tanggung, sampai 2,7 juta orang. Yang ini bukan orang kaya baru, tetapi orang kere baru.

Di antara OKB tajir itu ada nama sejumlah menteri dan pejabat. Seorang menteri yang baru menjabat sembilan bulan ternyata kekayaannya sudah menambah Rp 10 miliar. Para menteri lainnya semua menambah kekayaan miliaran rupiah.

OKB dadakan juga muncul dari orang-orang yang mengantongi keuntungan dari bisnis pandemi.

Data terbaru dari Indonesia Corruption Watch (ICW) menyebutkan bahwa dari bisnis tes PCR saja para pengusaha bisa menangguk untuk Rp 10 triliun sampai Rp 50 triliun.

Mereka ini menjadi OKB dadakan karena mendapat berkah pandemi. Namun, ada juga OKB yang menderita karena pandemi.

OKB yang ini bukan orang kaya baru, tetapi Orang Kere Baru.

Data terbaru menunjukkan bahwa setahun pandemi telah membuat 2,7 juta orang Indonesia menjadi miskin. Kere.

Tentu beda nasib antara dua OKB itu. OKB kere ini nasibnya betul-betul mengenaskan. Sudah jatuh tertimpa tangga, lalu kena ambrukan rumah.

Mereka adalah orang-orang yang menganggur karena dipecat dari pekerjaan selama pandemi, atau para pedagang kecil dan buruh bangunan yang tidak bisa berjualan dan bekerja selama pagebluk.

Menurut standar Bank Dunia, orang-orang yang berpenghasilan USD 2 (dua dolar Amerika) sehari masuk dalam kategori miskin. Dengan kurs dolar rata-rata Rp 15 ribu maka orang-orang yang berpenghasilan Rp 900 ribu per bulan masuk kategori miskin.

Dengan uang sejumlah itu sulit dibayangkan seseorang bisa survive di kota besar. Namun, kenyataannya masih sangat banyak orang yang berpenghasilan di bawah itu, dan bisa bertahan di kota maupun di desa, dengan kondisi yang benar-benar minimalis.

Di kota, mereka menjadi bagian dari urban poor yang tinggal di perkampungan kumuh, di bawah kolong jembatan, dan di bantaran sungai.

Mereka hidup dari memulung barang bekas, menjadi kuli bangunan, menjadi kuli angkut di pasar, atau menjadi gepeng, gelandangan dan pengemis. Mereka hidup tanpa listrik, tanpa air bersih, tanpa fasilitas kesehatan, dan tidak bisa menjangkau fasilitas pendidikan.

Di desa, orang-orang miskin ini adalah buruh tani dan pekerja kasar yang bekerja serabutan. Orang-orang miskin desa masih bisa bertahan hidup karena didukung oleh kekerabatan yang masih cukup kental.

Orang-orang miskin desa ini menjadi pengangguran terselubung yang sulit terjangkau oleh statistik.

Patokan baru Bank Dunia malah memasang standar penghasilan USD 5 per hari untuk menentukan garis kemiskinan. Dengan patokan itu, orang-orang yang berpenghasilan Rp 2,25 juta masuk dalam kategori miskin.

Angka itu adalah angka rata-rata upah minimum regional (UMR) di beberapa kota kecil di kabupaten. Kota-kota besar seperti Surabaya upah minimum sudah mendekati Rp 5 juta.

Bank Dunia membuat kategori ‘’poor, nearly poor, dan extreme poor’’ (miskin, hampir miskin, dan miskin mutlak). Mereka yang berpengahasilan USD 5 per hari masuk dalam kategori ‘’nearly poor’’ dan sangat rentan menjadi ‘’poor’’.

Mereka yang berpenghasilan di bawah itu masuk kategori poor dan extreme poor.

Tanpa melihat angka statistik atau sensus yang sering mengelabui, kita bisa melihat sendiri kondisi sosial di sekitar kita. Sangat banyak orang-orang yang penghasilannya nol dan bahkan minus.

Mereka yang masih beruntung punya sisa tabungan, akan hidup ‘’mantap’’ (makan tabungan tetap).

Namun, mereka yang tidak punya tabungan, tidak ada pilihan kecuali mengandalkan bantuan sosial yang sangat tidak bisa diandalkan.

Bencana pagebluk ini melahirkan 2,7 juta OKB kere di Indonesia. Mereka bergabung dengan 25 juta orang-orang melarat yang sudah terlebih dulu ada.

Angka statistik menunjukkan jumlah orang melarat di Indonesia adalah sepuluh persen dari total penduduk yang 270 juta. Itu berarti ada 27 juta orang melarat di Indonesia, jumlah itu lebih besar dari penduduk Australia dan hampir sama dengan jumlah penduduk Malaysia.

Orang-orang kere baru ini disebut sebagai ‘’the new poor’’, atau dalam Bahasa Prancis ‘’nouveau pauvre’’. Sebaliknya, orang-orang kaya baru (OKB) disebut sebagai ‘’the new rich’’ atau ‘’nouveau riche’’.

Di Prancis, itu adalah istilah sosiologis yang punya konotasi politis. Dua kelas miskin dan kaya ini gapnya semakin besar dan kemudian menjadi salah satu pemicu revolusi 1789.

Nouveau riche menggambarkan munculnya kelas baru yang kaya raya karena mendapatkan berkah dari kedekatan dengan pemerintah.

Mereka muncul dari kalangan bangsawan, birokrat, dan borjuasi yang mendapat privilege dalam bentuk konsesi dan monopoli dari kekuasaan.

Kelas kaya baru ini menimbulkan kecemburuan sosial, karena mereka bergaya hidup konsumtif dan hedonis. Konsumsi barang dan rumah mewah menjadi gaya hidup sehari-hari. Kalangan OKB ini muncul sebagai orang kaya dadakan yang berbeda dengan orang-orang kaya lama yang mendapatkan kekayaan dari warisan.

Dua jenis orang kaya ini banyak muncul di Prancis menjelang revolusi.

Di Indonesia, istilah OKB muncul pada masa-masa Orde Lama, untuk menggambarkan kelompok orang kaya baru yang dikategorikan sebagai borjuis.

Kelompok ini dipertentangkan dengan kelompok ploretariat, yang muncul dari kalangan buruh pabrik dan petani miskin di pedesaan.

Pemisahan ini dimunculkan oleh kalangan komunis sebagai pertentangan kelas antara kelas borjuasi, yang menguasai alat-alat produksi, dengan kelas proletariat yang hanya bermodalkan tenaga.

Dalam teori pertentangan kelas komunis, kelompok borjuasi ini harus dihancurkan melalui revolusi, untuk menghilangkan masyarakat berkelas dan menciptakan masyarakat komunis yang sama rasa sama rata.

Kelas borjuasi ini harus dihancurkan melalui revolusi proletar untuk merebut alat-alat produksi dan menguasakannya kepada pemerintahan diktator.

Itulah yang terjadi di Rusia pada revolusi 1917 oleh Lenin, dan di China pada 1949 oleh Mao Zedong.

Kelompok komunis Indonesia, ketika itu, mendapatkan inspirasi dari dua revolusi sosial itu dan ingin menerapkannya di Indonesia.

Jurang kemiskinan yang lebar antara OKB kere dan OKB tajir menjadi lahan subur untuk memunculkan revolusi sosial.

Di masa pandemi ini jurang kaya miskin itu menganga lagi. Harus ada political will yang serius dari pemerintah untuk mengatasi hal ini, sebelum berkembang menjadi lebih buruk. (*)


Redaktur : Adek
Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler