Olo Panggabean, Tokoh di Belakang Layar

Jumat, 01 Mei 2009 – 14:29 WIB
TOKOH BELAKANG LAYAR: Sejumlah pejabat dan kerabat termasuk Walikota Medan, Drs. Afifuddin datang melayat ke rumah duka Olo Panggabean diJalan Sekip, Medan, Jumat (1/5). Olo disebut sebagai tokoh yang punya pengaruh di kalangan parpol dan selalu berperan di belakang layar. Foto: Sumut Pos/JPNN
JAKARTA – Selama ini, ada kasak-kusuk di masyarakat bahwa Olo Panggabean merupakan tokoh penting di balik penentuan jabatan-jabatan strategis di kawasan Sumatera Utara (Sumut)Istilahnya, Ketua Dewan Pembina dan sekaligus pendiri Ikatan Pemuda Karya (IPK) itu merupakan tokoh di belakang layar

BACA JUGA: Ratusan Tentara Mengamuk di Papua

Politisi Dewan Pimpinan Pusat Partai Golkar (DPP PG) Leo Nababan pun punya penilaian yang sama.

“Perannya selalu di belakang layar, tapi sangat menentukan
Bukan hanya di Partai Golkar, tapi saya kira juga di partai-partai lain,” ujar Leo Nababan saat dimintai komentar atas meninggalnya Olo Panggabean, di Jakarta, Jumat (1/5).

Leo memberikan contoh mengenai peran di belakang layar yang dimainkan Olo

BACA JUGA: RTRW Kaltim Molor, Investasi Terhambat

Untuk pimpinan partai politik di Sumut pun, Olo selalu punya andil yang menentukan
“Termasuk mengenai siapa yang menjadi Ketua KNPI

BACA JUGA: Polri Buru Penyerang Polsek Abepura

Termasuk Gubernur Sumut saat menjadi Ketua KNPI, harus ada polesan-polesan dari beliau (Olo, red),” ungkapnya, tanpa menjelaskan lebih lanjut pengertian ‘polesan’ yang dimaksud.

Bagi Leo, peran di belakang layar itu dilihat sebagai hal yang positif“Terlebih, peran yang dilakukan itu tetap mengikuti prosedurSaya mengikuti pola berpikirnya,” ujar Leo, yang mengaku terkejut mendengar berita meninggalnya Olo, lantaran dia tidak pernah tahu bahwa selama ini Olo sudah menderita sakit.

Pujian lain, Leo menilai Olo merupakan tokoh besar yang bisa menjadi salah satu faktor pemersatu masyarakat Sumut“Kondusifnya Sumut selama ini tak lepas dari figur OloApa pun kata orang, itulah yang paling berkesan bagi saya,” ujar anggota Korwil Sumut DPP PG ituDia menilai, Olo merupakan figur penganut faham nasionalis yang tulen.

Dalam kehidupan bermasyarakat, masih kata Leo, Olo juga sangat peduliKatanya, kalau ada rakyat yang susah, Olo langsung mau mengulurkan bantuan“Tiba-tiba saja rakyat yang lagi sakit dikirimi uang atau dibiayai berobat ke rumah sakitSaya pribadi merasa sangat kehilangan,” pungkasnya.

Seperti diketahui, tokoh pemuda sekaligus Ketua Dewan Pembina/Pendiri Ikatan Pemuda Karya, Olo Panggabean, Kamis (30/4) siang pukul 14.00 WIB, meninggal dunia di RS Gleni MedanKetua Besar -sapaan pria bernama lengkap Sahara Oloan Panggabean ini, menghembuskan nafas terakhir di usia 68 tahun(sam/JPNN)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Kapolri : Ada Bukti Pembunuhan Berencana


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler