OPEC Tak Mau Tambah Produksi

Senin, 23 Juni 2008 – 10:59 WIB

jpnn.com - JAKARTA – Kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) bulan lalu bisa jadi bukan yang terakhirSebab, harga minyak dunia di pasar internasional saat ini terus membubung tinggi

BACA JUGA: Batubara Target Rp 20 Triliun

Dalam sepekan terakhir, harga minyak menembus USD 140 per barel

Minggu (22/6) sejumlah negara produsen beserta konsumen bertemu di Jeddah, Arab Saudi

BACA JUGA: Adidas Lepas Kontrak Kerjasama

Mereka berusaha mencari jalan keluar untuk mengontrol lonjakan harga minyak
Salah satu opsi yang mengemuka adalah menambah suplai minyak di pasar

BACA JUGA: Rugi Pulsa, Ganti Pulsa

Namun, Organisasi Negara-Negara Pengekspor Minyak (OPEC) tetap bersikukuh menolak penambahan produksi itu.

’’Harga minyak tinggi bukan karena faktor fundamentalPermintaan dan pasokan masih seimbang,’’ ujar Presiden OPEC Chakib Khelil di sela Energy Meeting seperti dilansir AFP

Direktur Eksektif ReforMiner Institute Pri Agung Rakhmanto mengatakan, anggota OPEC memang memiliki kepentingan agar harga minyak tetap tinggiKarena itu, mereka tidak mudah berkomitmen menaikkan jumlah produksiMenurut dia, sikap OPEC cukup wajar karena harga minyak saat ini terutama disebabkan faktor nonfundamental akibat spekulasi.

Pri Agung menyebutkan, suplai dan permintaan minyak dunia per hari masih stabil di kisaran 86 juta–88 juta barelMeski Tiongkok sudah menaikkan harga minyak dalam negeri, konsumsi dunia diperkirakan masih stabil di level tersebut’’Bukan fundamental, tapi lebih banyak karena spekulasi,’’ kata Pri Agung.

Dia mengatakan, faktor nonfundamental menjadi penyebab melejitnya harga minyak karena lemahnya kurs dolar AS atas mata uang kuat lainnya, terutama euroSaat krisis kredit perumahan kelas bawah (subprime mortgage) meledak, investor banyak melarikan dananya ke bursa komoditas dengan membeli minyak.

Harga minyak internasional, sambung dia, sebenarnya sangat dipengaruhi faktor Amerika SerikatPertumbuhan ekonomi, cadangan minyak, dan nilai tukar uang Negeri Paman Sam tersebut sangat memengaruhi harga dunia.

Sedikit berbeda dengan Pri Agung, pengamat perminyakan Kurtubi mengatakan, meski aksi spekulasi sangat tinggi, faktor fundamental tetap memengaruhi harga minyak’’Demand terus tinggi, tapi tidak ada tambahan suplai yang signifikan meski Arab Saudi berjanji menaikkan produksi 200 ribu barel per hari Juli nanti,’’ kata Kurtubi.

Menurut Kurtubi, aksi Arab Saudi tersebut tidak cukup meredam tingginya harga minyakAnggota OPEC, lanjut dia, akan mempertahankan harga tetap tinggi jika dolar AS terus melemahSebab, dengan pelemahan dolar AS, penerimaan minyak akan menurun karena pendapatannya menggunakan mata uang dolar AS’’Karena itu, mereka menginginkan harga minyak tetap tinggi,’’ jelasnya.

Mengenai spekulasi di Nymex (New York Mercantile Exchange), Kurtubi berpendapat, tak ada yang bisa melarang setiap orang membeli minyak di pasarInvestor memang ramai-ramai mengalihkan portofolionya ke pasar komoditas seperti minyak mentah, CPO, emas, dan komoditas utama dunia lainnya.

Indonesia sendiri saat ini hanya mampu memproduksi minyak siap jual 927 ribu barel per hariUntuk memenuhi konsumsi BBM dalam negeri yang mencapai 1,2 juta barel, Indonesia harus mengimpor 300 ribu barel per hari(sof/oki)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Kartel SMS Rugikan Rp 2,8 Triliun


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler