Optimis Dampak pada Indonesia Kecil

Sabtu, 12 Maret 2011 – 07:38 WIB
Bandara Sendai, Jepang. Foto: Reuters/Kyodo

JAKARTA -- Dengan kemungkinan terpuruknya perekonomian Jepang akibat gempa dahsyat dan tsunami kemarin, tidak mustahil Indonesia akan terkena imbasnyaPasalnya, selama ini Jepang merupakan salah satu mitra dagang dan ekonomi terpenting dari Indonesia.

Kendati begitu, Menko Perekonomian Hatta Rajasa mengatakan bahwa saat ini masih terlalu dini untuk mengalkulasi dampak gempa dan tsunami di Jepang pada perekonomian nasional

BACA JUGA: PKBL-BUMN Gelar Pameran Produk UKM

Tetapi, Hatta menyatakan bahwa pemerintah Indonesia berharap dampak kerusakan gempa dan tsunami Jepang tidak terlalu besar terhadap perekonomian negara tersebut.

"Kita mengharapkan dampaknya tidak terlalu besar
Kita juga prihatin terhadap gempa skala besar di Jepang

BACA JUGA: Kredit Rumah Murah Bagi PNS

Tapi, terlalu dini untuk membicarakan dampaknya terhadap perekonomian kita," kata Hatta saat ditemui di Istana Presiden, Jakarta, kemarin.

Badan Koordinasi dan Penanaman Modal (BKPM) juga memperkirakan musibah di Jepang tidak sampai berpengaruh pada perekonomian Indonesia
Terutama ancaman melambatnya kinerja ekspor Indonesia

BACA JUGA: Subsidi Premium 2011 Dibatasi Rp 40 T

Meski begitu, BKPM menyatakan, jika berdampak pada Indonesia, hal itu akan bersifat sementara dan tidak terlalu besar

Menurut Menteri Perdagangan Mari EPangestu, ekspor Indonesia bisa saja terpengaruh sebagai akibat pelambatan ekonomi JepangNamun, dia meramal secara keseluruhan pengaruhnya tidak terlalu besar karena produk Indonesia tetap dibutuhkan Jepang.

"Saya rasa kalau (terjadi perlambatan ekonomi) di Jepang tetap ada pengaruhnya (bagi Indonesia)Tapi, kan yang kita ekspor barang-barang (primer), seperti minyakJadi, tetap dibutuhkan mereka," tuturnya.

Mari menjelaskan, untuk menjaga supaya kinerja ekspor Indonesia tetap baik, pemerintah akan terus melakukan diversifikasi pasarYang terus dilakukan adalah terutama mendorong ekspor ke negara-negara yang memiliki pertumbuhan ekonomi bagus, seperti Tiongkok atau negara-negara ASEAN(Rtr/jpnn/dwi)

BACA ARTIKEL LAINNYA... 4 Negara Dongkrak Jumlah Orang Kaya di Dunia


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler