Otonomi Awards, Dibuat Agar Anak Daerah Semangat Memajukan Daerahnya

Jumat, 18 Desember 2015 – 09:58 WIB
Dahlan Iskan/ Dok JPNN

jpnn.com - PONTIANAK- Dahkan Iskan, membuka Malam Anugerah Otonomi Awards 2015 di Hotel Kapuas Palace Pontianak, Kamis (17/12) malam. Sejumlah pejabat dan pimpinan daerah dari 14 kabupaten/kota di Kalbar hadir dalam acara tersebut. 

Didahului dengan makan malam bersama, Mantan menteri BUMN tersebut duduk bersama Walikota Pontianak Sutarmidji, Bupati Kubu Raya Rusman Ali, Komisaris Utama Pontianak Post (Jawa Pos Group) Tabrani Hadi, dan Pemimpin Umum Rakyat Kalbar Djunaini KS.

BACA JUGA: Pedagang Buah Langgar Aturan, Satpol PP tak Bertindak

"Dulu saya sengaja membuat Otonomi Awards agar anak daerah semangat memajukan daerahnya," Kata Dahlan, sebelum membuka kegiatan tersebut.

Menurut dia, masyarakat Kalbar jangan berharap kepada orang luar daerah untuk memikirkan, sesungguh-sungguhnya, kemajuan daerah. "Saya pikir, anak daerah Kalbar yang akan bersungguh-sungguh memajukan daerah ini. Makanya putra-putri yang berprestasi memajukan daerahnya kita berikan penghargaan," serunya.

BACA JUGA: Gara-Gara Sawit, Tayan Gagal Masuk Kawasan Industri Terpadu

Pria yang juga Mantan Dirut PLN itu berharap, adanya Otonomi Award membuahkan hasil. Ia percaya, kegiatan ini akan melahirkan orang berprestasi. Membuahkan pemimpin daerah dengan determinasi tinggi untuk membangun wilayah yang ia pimpin.

"Dengan demikian, putra-putri Kalbar akan memikirkan daerah sekaligus memajukan daerahnya. Itulah tujuan dari dibuatnya otonomi daerah ini. Makanya perlu diberikan prestasi kepada kepala daerah yang memajukan daerahnya," ulas Dahlan.

BACA JUGA: Enam ABK MV Thorco Cloud yang Tenggelam Belum Ditemukan

Indonesia memang mengalami kesulitan ekonomi dengan alasan macam-macam. Itu alasan yang sah menurut Dahlan. Tetapi ada dua sisi dan faktor kepemimpinan sangat menentukan. "Saya sangat menghargai dan kagum dengan walikota dan bupati yang membawa daerahnya maju," tuturnya. 

Dahlan mencontohkan, ada beberapa negara yang maju karena kepemimpinan kepala negaranya. Filipina maupun India tumbuh di atas 7 persen. "Di sana sangat efektif. Padahal tahun lalu, India baru mengadakan pemilihan seperti kita. Yang menang juga partai oposisi seperti kita," beber dia. (rakyatkalbar/dkk/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Peringati Hari Ibu, Istri Wapres Tanam Mangrove di Batam


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler