Otto Hasibuan Sebut Single Bar Peradi Sebagai Suatu Keharusan

Kamis, 09 Maret 2023 – 14:15 WIB
Otto Hasibuan saat melantik Ketua DPC Peradi Jaktim bersama jajaran. Dok DPN Peradi.

jpnn.com, JAKARTA TIMUR - Ketua Umum (Ketum) DPN Peradi Otto Hasibuan melantik Johannes L. Tobing sebagai Ketua DPC Peradi Jakarta Timur (Jaktim) periode 2022–2027.

Otto juga melantik jajaran Komisi Pengawas (Komwas) Advokat Daerah Peradi Jaktim 2022–2027 yang diketuai oleh Hulman Panjaitan.

BACA JUGA: DPC Peradi Jakbar Gelar PKPA Bersama Universitas Al-Azhar

Kemudian pengurus Pusat Bantuan Hukum (PBH) Peradi Jaktim 2022–2025 yang diketuai Anggiat Gabe Maruli Tua Sinaga.

“Selamat kepada Ketua DPC Peradi Jaktim, Komisi Pengawas, dan PBH beserta seluruh jajarannya yang telah dilantik,” kata dia dalam siaran persnya, Kamis (9/3).

BACA JUGA: DPC Ikadin Jakbar Konsisten Dukung Peradi Sebagai Wadah Tunggal

Pada kesempatan itu, Otto mengingatkan seluruh pengurus DPC untuk terus menggelorakan dan mewujudkan Peradi sebagai wadah tunggal organiasi advokat (single bar) sebagaimana amanat Undang-Undang Advokat Nomor 18 Tahun 2003.

“Single bar is a must. Peradi adalah single bar yang menjadi satu keharusan,” ucapnya.

BACA JUGA: Otto Hasibuan Sebut Single Bar Masih Menjadi Pergumulan

Dia menjelaskan selain amanat UU Advokat, di seluruh negara di dunia ini, baik di Eropa, Amerika, Australia, dan lainnya juga tidak ada yang menggunakan sistem di luar single bar.

Otto menyampaikan Peradi selaku single bar mempunyai delapan kewenangan ‎yang diberikan negara melalui UU Advokat. Delapan kewenangan tersebut sebagaimana tercermin dalam logo Peradi.

“Itu ada delapan tarikan garis, itu melambangkan kami memiliki delapan kewenangan yang diberikan UU kepada Peradi. Adapun bulat, itu sebagai single bar, wadah tunggal,” katanya.

Otto secara khusus berpesan kepada pengurus PBH Peradi Jaktim agar terus menggencarkan bantuan hukum probono atau cuma-cuma secara profesional kepada warga tidak mampu.

“Berikan bantuan hukum yang kelas satu, first class,” katanya.

Johannes menyampaikan seluruh pengurus yang dilantik berjumlah 240 orang semuanya memakai baju adat asal daerahnya masing-masing. Ini menggambarkan keberagaman advokat Nusantara.

“Walaupun kami menggunakan baju adat masing-masing berbeda, tetapi di dalam hati dan pikiran kami, advokat itu harus bersatu,” ujarnya.

Johannes menyatakan bahwa pihaknya berkomitmen tetap menjadikan Peradi sebagai wadah tunggal.

“Api pergerakan ini akan kami terus kumandangkan sampai ke mana pun, bahkan ini menjadi cita-cita kami bersama di Peradi Jaktim,” ucapnya.

Pihaknya juga siap menggencarkan probono, khususnya bagi warga Jaktim. Saat ini, pihaknya telah menangani puluhan kasus yang dilakukan secara probono.

Selain itu, siap mendukung upaya Pemerintah Kota Administrasi Jaktim untuk melakukan edukasi mengenai hukum kepada masyarakat agar mereka melek hukum.

Wali Kota Jaktim Muhammad Anwar, menyampaikan pihaknya menyambut baik upaya jajaran pengurus DPC Peradi Jaktim untuk melakukan edukasi hukum kepada warga agar mereka sadar hukum.

“Mudah-mudahan hadirnya Peradi bisa menyelesaikan masalah hukum di Jakarta Timur,” katanya. (cuy/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Otto Hasibuan: Peradi Bahas Isu Strategis dalam Rakernas di Batam


Redaktur & Reporter : Elfany Kurniawan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler