Pak Jokowi Dianggap Mempertontonkan Kebodohan

Minggu, 27 November 2022 – 22:10 WIB
Presiden Joko Widodo (Jokowi) menghadiri kegiatan Nusantara Bersatu di Stadion Gelora Bung Karno, Jakarta, Sabtu, (26/11/2022). (ANTARA/Melalusa Susthira K).

jpnn.com, JAKARTA - Deputi Bappilu Partai Demokrat Kamhar Lakumani mengkritik pernyataan Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat menyampaikan pidato di acara Nusantara Bersatu, Stadion GBK, Senayan, Sabtu (26/11). 

Kamhar melayangkan kritik seusai Jokowi menyarankan masyarakat memilih kandidat Pilpres 2024 berambut putih yang menjadi pertanda figur itu memikirkan rakyat. 

BACA JUGA: Negara Hadapi Agenda Besar, Jokowi Butuh Panglima TNI yang Terbukti Loyal dan Berani

"Apa yang dilakukan Pak Jokowi sejatinya ialah praktik mempertontonkan kebodohan dan pembodohan," ujar Kamhar melalui layanan pesan, Minggu (27/11). 

Eks aktivis Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) itu mengatakan tak ada satu pun literatur dalam berbagai studi ilmiah yang menyatakan keriput dan rambut putih menjadi ciri pemimpin prorakyat.

BACA JUGA: Acara Nusantara Bersatu Menandakan Posisi Jokowi Lemah di Mata Parpol

"Keriput dan rambut putih lebih tepat sebagai tanda-tanda penuaan," ucap Kamhar. 

Namun, alumnus Universitas Hasanuddin (Unhas) itu mencoba berbaik sangka bahwa Jokowi tidak benar-benar menyarankan rakyat untuk memilih pemimpin berambut putih. 

BACA JUGA: Soal Agenda Nusantara Bersatu, Hasto Anggap Elite Sukarelawan Manfaatkan Kebaikan Jokowi

Kamhar menduga Jokowi hanya membaca teks ketika kepala negara menyampaikan pidato yang mengarahkan rakyat dalam memilih calon pemimpin.

"Namun, jika ini dilakukan secara sadar sebagai bentuk endorsement terhadap calon presiden yang dipersiapkan dan dikehendakinya pada Pilpres 2024 mendatang, ini tidak etis dan berpotensi besar mencederai demokrasi," kata dia.

Sebelumnya, sukarelawan pendukung Jokowi menggelar acara Nusantara Bersatu di Stasiun GBK, Senayan, Jakarta, Sabtu (26/11). 

Puluhan ribu sukarelawan dari Jokowi tampak hadir di acara yang satu di antara agendanya berdoa bersama dan penggalangan dana untuk korban bencana di Cianjur, Jawa Barat. 

Presiden Jokowi pun turut menyampaikan pidato politik di Nusantara Bersatu dan membahas tentang suksesor kepemimpinan Indonesia. (ast/jpnn)

Video Terpopuler Hari ini:

BACA ARTIKEL LAINNYA... Wanto Repdem Sebut Jokowi Sukses di G20, Tetapi Dihancurkan Sukarelawan di GBK


Redaktur : M. Rasyid Ridha
Reporter : Aristo Setiawan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler