Pakar Pangan UB Dorong Anak Muda Terjun ke Sektor Pertanian Secara Masif

Kamis, 01 April 2021 – 16:39 WIB
Pakar ketahanan pangan Universitas Brawijaya (UB) Sujarwo mendorong kalangan muda Indonesia terjun langsung pada industri dan pengolahan sektor pertanian yang serius. Foto: Kementerian Pertanian

jpnn.com, JAKARTA - Pakar ketahanan pangan Universitas Brawijaya (UB) Sujarwo mendorong kalangan muda Indonesia terjun langsung pada industri dan pengolahan sektor pertanian secara serius dan masif.

Sebab, anak muda merupakan harapan masa depan yang dinilai mampu menguasai dan mengadopsi kecanggihan teknologi.

BACA JUGA: Petani Milenial Sangat Menentukan Keberhasilan Pembangunan Pertanian

"Saya katakan menjangkau pasar yang lebih luas itu butuh ID termasuk untuk memenuhi kebutuhan ekspor. Spesifikasi kualitas untuk memenuhi kebutuhan tersebut dibutuhkan petani-petani muda yang bisa memaksimalkan kemajuan teknologi," kata Sujarwo, Kamis (1/4).

Dia menilai pertanian konvensional saat ini sudah tidak realistis untuk diterapkan pada kehidupan yang serbamodern. Sebab, itu hanya membuat negara kehilangan jejak dan arah menuju persaingan global.

BACA JUGA: Pemerintah Melarang Mudik, Terminal Ditutup 6 sampai 17 Mei, Kecuali...

"Petani-petani muda yang melek teknologi dan informasi itulah yang diharapkan mendinamisasi pertanian sehingga menjadi pertanian modern. Tidak bisa lagi menggunakan cara bertani yang konvensional," ucap Sujarwo.

Pihaknya meyakinkan bahwa sektor pertanian merupakan lumbung uang yang sangat menguntungkan. Sebab, bidang itu menjadi sumber kehidupan yang selalu dibutuhkan.

BACA JUGA: Tiba-tiba Ada Orang Mendesak AHY dan BW Meminta Maaf

Menurut Sujarwo, dibutuhkan tenaga-tenaga muda berkompeten untuk mengelola sektor pertanian dengan baik dan benar. Apalagi sekarang pemerintah punya program korporasi petani.

"Tentu ini butuh tenaga-tenaga muda yang menggerakkan korporasi petani itu sendiri. Saya menanti kehadiran pemuda-pemuda yang memiliki komitmen untuk mengembangkan sektor pertanian dan mendorong bangsa ini menjadi lebih hebat melalui tangan petani muda," ujarnya.

Kepala Biro Humas dan Informasi Publik Kementan Kuntoro Boga Andri mengatakan perkembangan modernisasi pertanian saat ini terus dilakukan secara merata di seluruh pelosok Indonesia.

Kuntoro pun menginginkan semua masyarakat mengulas apa saja yang sudah dilakukan untuk menarik generasi muda terjun ke pertanian. Termasuk, inovasi yang bisa diterapkan di lapangan.

"Saya pikir pertanian Indonesia sejak beberapa tahun ini terus mengalami perkembangan yang jauh lebih baik," katanya.

Menurut Kuntoro, mekanisasi perlu diterapkan untuk mengantisipasi kemungkinan adanya penyusutan jumlah petani desa yang beralih profesi menjadi pekerja kota.

"Kami bersama pemerintah daerah juga langsung melakukan sosialisasi dan pendampingan kepada para petani dalam penyaluran bantuan alsin pertanian modern," tutupnya. (cr3/jpnn)

Jangan Lewatkan Video Terbaru:


Redaktur & Reporter : Fransiskus Adryanto Pratama

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler