Pakubuwono X Ditetapkan Jadi Pahlawan Nasional

Hari Ini, SBY Anugrahkan Gelar

Selasa, 08 November 2011 – 06:28 WIB

JAKARTA - Seperti tahun-tahun sebelumnya, pemerintah menganugerahkan gelar pahlawan nasional dalam peringatan Hari Pahlawan, 10 NovemberHari ini, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dijadwalkan akan menyematkan gelar pahlawan tersebut kepada sejumlah tokoh di Istana Negara.

"Besok (hari ini, Red) presiden akan menyematkan tanda gelar pahlawan," kata Juru Bicara Kepresidenan Julian Aldrin Pasha di Bina Graha, kompleks Istana Kepresidenan, kemarin (7/11)

BACA JUGA: Fadel Muhammd, Tenangkan Pikiran dengan Menyelam

Namun dia enggan memberikan bocoran siapa tokoh yang akan mendapatkan gelar pahlawan nasional itu


Termasuk apakah mantan Presiden Soeharto dan Abdurrahman Wahid (Gus Dur) yang akan ditetapkan sebagai pahlawan

BACA JUGA: Nasib Tiga TKI Masih Terancam Qisas

Saat penetapan gelar pahlawan tahun lalu, dua nama itu termasuk yang sering disebut
"Dilihat saja besok jumlahnya berapa

BACA JUGA: Istri Umar Patek Salahkan Suami

Nanti akan kita dengar bersama nama-namanya," elaknya.

Julian hanya menerangkan, penetapan pahlawan nasional tersebut melalui prosedur, seperti pengusulan dari masyarakatPembahasannya kemudian dilakukan oleh Dewan Gelar, Tanda Jasa, dan Tanda Kehormatan yang diketuai oleh Menko Polhukam Djoko Suyanto"Ada prosesnya untuk menetapkan gelar pahlawan," kata peraih doktor politik Hosei University, Tokyo, itu.

Sementara itu, informasi yang diperoleh, salah satu yang ditetapkan sebagai pahlawan nasional adalah Sri Susuhunan Pakubuwono XAnugrah tersebut akan diterima langsung oleh Dr.BRAMooryati Soedibyo sebagai cucu dari Paku Buwono X dan ProfDrGunawan Sumodiningrat sebagai cicitnya.

"Gelar kehormatan ini sangat disyukuri dan dibanggakan oleh kerabat dan sentono dalem Karaton Surakarta Hadiningrat, masyarakat Surakarta serta Jawa Tengah pada umumnya," kata Mooryati Soedibyo.

Menurutnya, setidaknya ada lima alasan yang membuat Pakubuwono X pantas dianggap sebagai pahlawan nasionalAntara lain peran aktif dalam perjuangan pergerakan nasional, pelopor pembangunan sosial ekonomi, pendidikan rakyat, pembentukan jati diri bangsa, dan berperan dalam integrasi nasional.

"Gelar sebagai pahlawan nasional dari pemerintah kepada Pakubuwono X melahirkan kewajiban kita bersama sebagai generasi muda untuk menggali dan mempelajari apa yang sudah dikerjakan serta diperbuat oleh Paku Buwono X," katanya(fal/jan)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Pemerintah Targetkan IPK 5,0 pada 2014


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler