Paloh Anggap Parpol Gagal Jalankan Amanah Rakyat

Sabtu, 09 November 2013 – 20:28 WIB
Surya Paloh. Foto> M Ramli/Jawa Pos

jpnn.com - PROBOLINGGO - Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh mengatakan, banyak anggota masyarakat yang masih beranggapan negatif mengenai partai politik. Karena itu, keputusannya membentuk NasDem kerap dipertanyakan.

Namun, sikap pesimistis ini yang justru yang menjadi pemicu bagi Paloh untuk mendirikan partai politik.

BACA JUGA: Heli Milik AD Terbakar, 13 Tewas, 6 Terluka

"Kita ingin menegaskan, didirikannya NasDem ini untuk memberi penyadaran kepada masyarat terhadap pentingnya keberadaan parpol dengan sistem demokrasi yang dianut negara kita," beber Surya di hadapan ratusan ribu kader NasDem saat pelantikan pengurus DPC dan Ranting se-Jatim II di Lapangan Kedungdalem Triwu, Kabupaten Probolinggo, Sabtu (9/11).

Surya tidak menyalahkan sikap pesimis masyarakat tersebut. Pasalnya, selama ini parpol terbukti gagal menjalankan amanah rakyat.

BACA JUGA: KPK Izinkan Adik Atut Melayat Hikmat Tomet

Pria berjenggot lebat itu pun menyadari bahwa perjuangan untuk mengubah persepsi masyarakat terhadap parpol tidaklah mudah. Namun, selama pengurus partai dapat menjaga amanah rakyat, ia yakin bisa mengubah persepsi masyarakat.

"Yang salah bukan parpol, tapi yang salah yang mengatur parpol itu. Jadi rakyat jangan pesimis dan tidak boleh mundur dari kehidupan berbangsa," ujarnya.

BACA JUGA: Suami Atut Dikenal sebagai Pribadi Energik

Lebih lanjut, Surya menegaskan bahwa politik dan demokrasi hanyalah alat untuk menyejahterakan masyarakat. Menurutnya, jika parpol dan politisi tidak membuat rakyat sejahtera maka pantas untuk dicap gagal.

"Tidak ada artinya kita berdemokrasi, tetapi masyarakat semakin tidak sejahtera. Kita ingin rakyat semakin pintar, semakin sejahtera," tegasnya. (dil/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Pemerintah Lepas Tangan Soal Serangan Hacker


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler