Pamerkan Lukisan Hilang

Selasa, 10 September 2013 – 08:16 WIB

jpnn.com - DEN HAAG--Museum Van Gogh di Kota Amsterdam, Belanda, punya koleksi anyar. Kemarin (9/9) galeri yang terletak di Museum Square itu memajang lukisan "terbaru" karya pelukis kenamaan Vincent Willem van Gogh. Lukisan cat minyak bertajuk Sunset at Montmajour (Senja di Montmajour) itu bakal dipamerkan mulai 24 September.

Direktur Museum Van Gogh, Axel Rueger, menyebut lukisan tersebut istimewa. Sebab, untuk bisa memajang lukisan sang maestro yang sebelumnya tidak dikenal publik itu, pihak museum harus meminjam dari seorang kolektor. "Kami tidak pernah melakukan yang seperti ini," katanya soal lukisan yang Van Gogh ciptakan pada 1888 silam itu.

BACA JUGA: Menlu AS Harapkan Jalur Politik

Selama ini, menurut Rueger, lukisan berukuran 93,3 x 73,3 sentimeter tersebut telantar di atap rumah sang kolektor. Bahkan, lukisan yang menggambarkan tanah lapang penuh semak yang ditumbuhi beberapa pohon oak itu sempat dianggap palsu. Karena itu, sang kolektor yang tinggal di Norwegia tersebut membiarkan salah satu karya Van Gogh itu berdebu di salah satu sisi atap rumahnya.

Sebelum meminjam lukisan tersebut, pengelola museum melakukan riset. Beberapa ilmuwan yang terlibat dalam uji keaslian Sunset at Montmajour itu membandingkan teknik lukis Van Gogh pada lukisan tersebut dengan sejumlah karyanya yang lain. Di samping itu, Van Gogh pernah menceritakan tentang lukisan tersebut kepada saudaranya, Theo, dalam surat bertanggal 4 Juli 1888.
   
"Ini penemuan yang kurang lebih seperti pengalaman sekali seumur hidup," kata Louis van Tilborg, salah seorang ilmuwan yang terlibat dalam uji keaslian Sunset at Montmajour. Dia menambahkan bahwa seluruh petunjuk mengarah pada keaslian lukisan tersebut. Konon, lukisan "terbaru" itu dibuat pada masa yang sama dengan penciptaan mahakarya Van Gogh lainnya. Yakni, Sunflowers dan The Bedroom. (AFP/AP/hep/c17/dos)

BACA JUGA: Lukisan Van Gogh Ditemukan Setelah Hilang Seabad

BACA JUGA: Perangi Obesitas, Meksiko Terapkan Pajak Softdrink

BACA ARTIKEL LAINNYA... Ekspor China Kembali Pulih


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler