PAN Fokus ke Pemilih

Rabu, 04 Maret 2009 – 09:29 WIB
JAKARTA - Di saat partai-partai lain sibuk pasang badan untuk berkoalisi menjelang pemilu legislatif, Partai Amanat Nasional (PAN) seolah menjauhkan diri dari ingar bingarMereka jarang terlihat menggelar diskusi atau melempar wacana koalisi atau pencapresan.
 
Kondisi itu diakui Ketua Umum PAN Soetrisno Bachir

BACA JUGA: Kalla-SBY Bercerai, PDIP Merasa Untung

Dia mengakui, partai yang dia pimpin itu memang sedang adem ayem di tataran wacana, baik koalisi maupun pencapresan
"Kami memang sepi di wacana, tapi tidak sepi di masyarakat," katanya saat menemui mantan menteri Orde Baru Haryono Suyono di kediamannya di Pondok Indah, Jakarta, kemarin.
 
Kondisi itu, jelas Soetrisno, merupakan kesengajaan

BACA JUGA: HMI Bangga Kalla Jadi Capres

Partai yang didirikan Amien Rais tersebut saat ini tak mau sibuk merancang skenario koalisi
Mereka lebih menekankan kepada gerakan di masyarakat bawah untuk meraup suara

BACA JUGA: Ditolak MK, 22 Partai Baru Ancam Demo


 
"Semua kader kami sedang bergerak di tengah masyarakatMereka membuat kegiatan-kegiatan riil yang bisa dirasakan langsung oleh rakyat," kata politikus yang juga pengusaha batik itu
 
Itu, menurut Soetrisno, lebih konkret daripada melakukan pendekatan untuk berkoalisiSebab, koalisi atau pendekatan apa pun yang dilakukan saat ini tak ada artinya tanpa positioning partai yang jelas"Koalisi saat ini adalah koalisi semuTidak ada artinyaSemuanya akan ditentukan setelah hasil dari 9 April," tegasnya.
 
Karena itu, PAN kini tak terbujuk upaya beberapa partai yang sudah aktif melakukan dialog dan pendekatan pra-pemilu legislatifMisalnya, PKS yang sudah mendekat ke Partai Golkar, kemudian pernyataan pencalonan capres oleh beberapa pimpinan partai lainnya.
 
Meski begitu, bukan berarti PAN tak bergerak sama sekaliKata Soetrisno, pihaknya sudah melakukan dialog dengan sejumlah tokoh partaiDia lantas menyebut nama Taufiq Kiemas, Prabowo Subianto, dan Wiranto"Kepastian kita dukung siapa, itu setelah pemilu legislatif," jelasnya.
 
Hal senada diungkapkan Sekjen PAN Zulkifli HasanKata dia, gerakan politik PAN memang sedang tak ingin banyak dieksposKalaupun PAN melakukan pendekatan ke partai-partai, itu tidak akan dilakukan terang-terangan"Dua hari lalu saya ke DPP Partai Golkar, tidak ada liputan media, tidak ada publikasi," katanya(aga)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Golkar Cerai dengan Demokrat


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler